7 Cara Mengatasi Baterai Boros di Android

Advertisement
Hp Android menawarkan segudang fitur yang sangat beragam. Dengan harga hp Android yang murah, spesifikasi yang didapatkan tidak sembarangan, misalkan saja untuk hp lokal yang memberikan Anda spesifikasi ataupun fitur yang hampir setara dengan merek-merek internasional ternama. Namun sejatinya hp Android baik dengan banderol tinggi sekalipun tidak menawarkan kesempurnaan, berbagai kendalapun dapat terjadi pada hp pintar ini. Salah satunya adalah borosnya baterai yang tersedia.

Cara Menanggulangi Pemborosan Baterai Android Anda

Hp Android memang sudah dikenal memiliki kapasitas baterai yang tidak tahan lama, sama halnya dengan kebanyakan hp pintar lainnya. Untuk Anda pengguna hp Android sebenarnya bisa mengakali permasalahan tersebut. Berikut ini ada tips android yang harus Anda perhatikan dalam mengatasi borosnya bateri di hp Android:

Kecerahan layar (Display brightness)
Pengaturan kecerahan layar adalah salah satu faktor terbesar baterai cepat habis. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin cepat juga baterai terkuras. Auto brightness terlihat menarik, tapi semakin seringnya kecerahan disekitar perangkat Anda berubah-ubah, berimbas juga dengan terkurasnya baterai lebih cepat. Akan lebih baik Anda mengatur kecerahan layar secara manual, atur senyaman mungkin, tingkatkan kecerahan hanya jika diperlukan.

Lokasi (Location)
Tidak begitu penting adanya laporan lokasi setiap waktunya, dan bahkan kurang perlu untuk mengaktifkan terus GPS Anda. Mematikan GPS membuat perbedaan besar dalam penggunaan baterai.
Batas Waktu Layar (Display timeout for the countan)
Atur waktu berapa lama layar perangkat akan mati jika tidak digunakan. Sia-sia apabila layar tetap menyala terus namun hp atau tablet Anda tidak digunakan. Lebih baik ubah pengaturan tersebut menjadi 30 detik, atau bahkan 15 detik.

Sinkronisasi (Account syncing)
Baterai terasa sangat boros apabila akun Anda lebih dari sepuluh, karena setiap waktunya akan tersinkronisasi dengan sendirinya. Apakah Anda benar-benar membutuhkan Twitter untuk malakukan sinkronisasi setiap lima belas detik sekali? Alangkah baiknya aktifkan akun yang benar-benar perlu diperbaharui langsung, seperti Gmail.
Cara Menanggulangi Pemborosan Baterai Android Anda

Wi-Fi settings
Aktifkan wifi jika ada hotspot tersedia saja, dan jika Anda akan menggunakannya.

NFC, Gestures, Profiles
NFC banyak disukai, tapi kenyataannya hampir jarang digunakan, begitu juga dengan Gestures. Aktifkan jika Anda benar-benar membutuhkannya.
Dan jika Anda memiliki akses Profiles, manfaatkan dan sesuaikan fitur ini ketika Anda sedang tidur, berada dalam pertemuan, atau ketika Anda dalam ruangan terbuka.

Aplikasi usang dan tidak terpakai (Old and unused apps)
Android Anda mungkin memiliki lebih dari 100 aplikasi, tetapi dari sekian banyaknya aplikasi tersebut ada yang belum pernah digunakan. Contohnya: kapan anda terakhir mengakses aplikasi BBM pada smartphone Anda? Apa Anda tidak pernah menggunakan aplikasi itu lagi? Jika tidak hapuslah aplikasi tersebut. Dan pastikan aplikasi yang sering Anda gunakan diperbarui. Versi baru biasanya berisi perbaikan bug dan optimasi baterai.