Cara Mengatur Subtitle Dan Sesuaikan Timing Dengan Mudah

Advertisement
Cara mengatur subtitle - Dengan semakin banyaknya para pecinta film di Indonesia, subtitle atau teks yang ditampilkan dalam suatu film semakin banyak dicari. Meskipun sudah ada website-website yang menyediakan subtitle tersebut, namun tidak jarang terjemahan ataupun timing dari teks yang mereka buat berjalan sempurna.

Cara Mengatur Subtitle
Oleh karena itu Anda mau tidak mau harus mengubah teks ataupun posisi teks tersebut secara manual. Untuk mengubah timing subtitle dengan mudah, bisa digunakan dengan program Subtitle Edit. Disini program yang digunakan yakni versi 3.3.3.

Cara mengatur subtitle

Langkah pertama buka program Subtitle Edit
Kemudian pilih subtitle yang akan di edit dengan cara klik file - open, atau klik icon open, atau tekan tombol ctrl+d.
Cara Mengatur Subtitle 
 
Cara Mengatur Subtitle

Klik di baris mana teks akan di edit. Pada contoh ini pada baris ke 9.
Kemudian klik Synchronization - Adjust all times (show earlier/later)
Cara Mengatur Subtitle

Pada bagian hour:min:sec:msec masukan angka sesuai yang dimaksudkan. Pada contoh ini 00:00:01:00, atau maksudnya 1 detik.
Sementara dibagian bawahnya tersedia 3 pilihan, yakni:
1. All lines (ubah timing pada semua baris)
2. Selected lines only (hanya mengubah timing pada baris yang dipilih, pada contoh ini hanya akan mengubah pada baris ke-9 saja)
3. Selected line(s) and forward (akan mengubah timing pada baris yang dipilih beserta baris-baris yang berada di bawahnya)
Cara Mengatur Subtitle
Kemudian untuk eksekusinya terdapat 2 pilihan, Show earlier, dan Show later.

Jadi dalam contoh ini dimasukkan waktu 00:00:01:00 + Selected line(s) and forward + show earlier, hasilnya teks yang ada pada baris 9 dan baris-baris selanjutnya di majukan 1 detik lebih awal.
 Cara Mengatur Subtitle

# Sekian untuk informasi cara mengatur subtitle dengan mudah , temukan tips dan trik lainnya hanya di arhutek.blogspot.com #