Review Lengkap Sony Xperia Z1

Advertisement
SONY XPERIA Z1 adalah smartphone yang diluncurkan tahun lalu, tepatnya pada bulan September 2013, dan merupakan 'kakak' dari Xperia Z1 Compact. Smartphone dengan kemampuan tahan air ini dikenal juga dengan nama kode Honami.

Review Sony Xperia Z1 (Secara Lengkap)

(Baca juga: Harga Terbaru, Fitur, dan Spesifikasi Sony Xperia Z1)

Berharap untuk memberikan perlawanan terhadap persaingan yang ketat dari iPhone 5S, Samsung Galaxy S4, dan HTC One, Sony dengan ponsel ramping ini membawa sensor kamera 20,7 megapixel. Sony juga melengkapinya dengan WiFi dan Bluetooth yang didukung QX10, dan aksesoris lensa QX100 untuk memberikan kehebatan yang tertandingi dengan rival-rivalnya.

Xperia Z1 juga membuat perubahan pada desain, dan menambahkan prosesor quad-core 2,2 GHz yang membuatnya menjadi salah satu ponsel terkuat, serta berjuang untuk gelar ponsel Android terbaik.


REVIEW XPERIA Z1:

Kelebihan Xperia Z1:
- Tombol kamera khusus untuk pemotretan di dalam air
- Melengkung, desain yang lebih nyaman
- Cepat, kinerja secara keseluruhan

Kekurangan Xperia Z1:
- Kinerja kamera cahaya rendah mengecewakan
- Sudut pandang layar
- Tipisnya penutup port dan sambungan

FITUR UTAMA XPERIA Z1: 
Prosesor Quad-core Snapdragon 800 2.2 GHz; RAM 2 GB; Kamera 20.7 MP; Layar 5 inci Full-HD; Baterai 3000 mAh; Internal 16 GB; Eksternal (microSD slot)

Desain Xperia Z1:
Jika diletakkan Z1 dan Z bersamaan, tidak ada perbedaan yang terlihat antara keduanya. Z1 memiliki layar depan dan belakang yang sama, tapi sekarang menggunakan dua bingkai aluminium untuk menggabungkan keduanya bersama-sama.

Z1 memiliki berat 169 gram, membuatnya jauh lebih berat dari HTC One (143 gram), dan Galaxy S4 (130 gram). Bodinya seramping 8,5 mm, lebih ramping dari HTC One (9,3 mm), tapi tidak cukup ramping untuk Galaxy S4 (7,9 mm). Sementara itu, Z1 lebih tinggi daripada Z (139 mm), serta lebih tebal daripada Z (7,9 mm).

Beberapa perubahan telah dibuat untuk posisi port dan koneksi yang dilindungi oleh kait plastik yang tipis. Jack headphone tidak lagi ditutup oleh satu kait kecil. Port pengisian baterai nirkabel, microSD, port USB micro tetap di sisi kiri bodi.

Sementara di sebelah kanan bodi terdapat slot microSIM, tombol kecil on/off, dan volume rocker yang bergabung dengan tombol kamera khusus.
Ada grill speaker dibagian bawah ponsel, sementara salah satu sudut memiliki lubang untuk tali ponsel.

Ponsel ini membawa sertifikasi IP58, artinya ponsel ini dapat bertahan sepenuhnya dalam air lebih dari 1 meter, dan selama lebih dari 30 menit. Dengan penambahan tombol kamera, berarti Anda sekarang dapat mengambil foto dan merekam video di bawah air.
Review Sony Xperia Z1 (Secara Lengkap)

Sony Xperia merasa jauh lebih baik ketimbang Z. Sudut yang melengkung dan sedikit lebih jelas. Sepertinya perubahan hanya perubahan kecil, tapi itu membuatnya berbeda. Ini masih ponsel besar, tapi tidak ada yang dapat meragukan Z1 sebagai smartphone 5 inci yang elegan dibandingkan dengan Galaxy S4.



Layar Xperia Z1:
Sony Xperia Z1 dengan layar 5 inci Full HD resolusi 1080p membentang seluas 5 inci. Teknologi layarnya sama dengan TV Bravia.

Tujuan dengan digunakannya teknologi TV ke Z1 adalah untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam serta reproduksi warna yang lebih akurat. Seperti Z, Z1 juga dilindungi pelindung layar anti gores yang mencakup seluruh bagian depan ponsel.

Dengan kedalaman 16 juta warna, dan 441 ppi, warna kontras gambar yang dihasilkan baik terperinci. Xperia Z1 membawa serta resolusi tinggi pada layarnya sebesar 1920 x 1080 pixel. Ini merupakan kedalaman warna dan kecerahan dengan tingkat yang sama Anda dapatkan pada Galaxy S4.

Pelindung layar memiliki kelebihan dan kekurangan. Di sisi positifnya, itu akan membantu melindungi layar terhadap benda-benda terkhususnya apabila di masukkan kedalam kantung, seperti kunci atau uang receh. Sementara sisi negatifnya akan berdampak pada sudut pandang Anda ketika melihat layar.

Layar Z1 mendukung multitouch hingga 10 jari, mencubit, memperbesar layar, browsing, dan mengetik mampu menawarkan respon yang baik.



Software Xperia Z1:
Xperia Z1 masih berjalan pada Android 4.2.2 (Jelly Bean). Anda bisa melakukan semua hal yang Anda harapkan dari sebuah ponsel Android seperti mendownload aplikasi dari Google Play Store, membuat folder, re-size widget, dan akses Google Now.

Sony telah mengemas Xperia Z1 dengan banyak aplikasi, tambahan yang paling menarik adalah Dropbox-style Box, TV SideView, Notes, Track ID, Track ID TV untuk mendeteksi musik dari program TV. Walkman dan Movies masih menjadi aplikasi teratas dan terutama dari Sony, membuatnya sebagai aplikasi hiburan yang paling berguna.

Produktivitas seperti aplikasi OfficeSuite Pro memerlukan akun untuk mendapatkan pengalaman pengguna terbaik, dan untungnya sekarang Google membuatnya sebagai aplikasi yang bebas digunakan.

Yang paling menarik adalah integrasi widget. Ketika Anda mendengarkan lagu, mengambil foto atau menggunakan Track ID untuk mendeteksi lagu, widget secara otomatis membiarkan Anda dengan cepat melihat dan menampilkan konten terakhir.

Untuk mengelola aplikasi tanpa melompat ke pengaturan, Anda dapat menggeser pada bagian kiri layar, dan Anda dapat mengakses panel menu. Disini Anda dapat mengatur aplikasi berdasarkan own order, alphabetical, most used, atau installed.



Performa Xperia Z1
Z1 membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 2,2 GHz dengan grafis Adreno 330. Semakin mengesankan dengan disertai RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB (12 GB untuk digunakan), serta dapat diperluas hingga 64 GB melalui microSD.

Tidak butuh lama untuk menyadari bahwa ponsel Xperia Z1 merupakan smartphone yang sangat tangguh. Saat di coba memainkan game Real Racing 3, grafis pada layar full HD terlihat halus. Demikian juga dengan streaming HD yang ditangani dengan mudah. Berselancar di dunia maya, dan berpindah aplikasi tidak menunjukan tanda-tanda gagap (lag) atau respon yang lama.

Dalam uji benchmark melalui Geekbench 3, Xperia Z1 mendapatkan skor 2797, menempatkannya jauh dari HTC One (1716), dan Galaxy S4 (2076). Sementara dalam uji 3D Mark Ice Storm Unlimited, Xperia Z1 mendapatkan skor yang sama dengan Xperia Z Ultra yaitu 17258, ini dikarenakan kedua ponsel ini menggunakan prosesor yang sama. Dan untuk Peacekeeper benchmark, Xperia Z1 mendapatkan skor 721 poin, menempatkan tepat di bawah iPhone 5.



Kualitas Kamera Xperia Z1
Xperia Z1 dilengkapi dengan sensor kamera 20,7 megapixel, dan juga sensor 1/2.3-inch membuatnya setara dengan ponsel Samsung Galaxy S4 Zoom. Ini berarti sensornya lebih besar dari HTC One dan Samsung Galaxy S4, dan memiliki kemampuan untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk. Akhirnya akan memberikan hasil yang lebih baik, foto yang lebih jelas dalam kondisi cahaya rendah, dan menjaga noise seminimal mungkin.
Review Sony Xperia Z1 (Secara Lengkap)

Ada flash LED dan lensa f/2.0 G dikombinasikan dengan sensor juga. Tidak ada optical image stabilisation, tapi Anda mendapatkan BIONZ untuk mobile. BIONZ sendiri adalah mesin pengolah citra yang diadaptasi dari berbagai Kamera Sony untuk menghasilkan autofokus lebih cepat, gambar lebih stabil, dan mencegah tangkapan yang kabur.

Terdapat menu transparan untuk mengakses berbagai modus kamera termasuk auto Superior, dimana pengaturan gambar secara otomatis disesuaikan. Ada juga mode manual, kemampuan untuk mengambil gambar panorama, dan mode burst untuk mengambil 30 gambar secara terus menerus.

Superior Auto Mode membuat tangkapan gambar lebih tajam, dan detail dengan warna yang kuat. Mode Manual meningkatkan tangkapan, dan overlay menu membuatnya mudah untuk cepat menyesuaikan pengaturan seperti tingkat eksposur dan white balance. Kamera ini dapat mengambil beberapa waktu untuk fokus dan kurangnya stabilisasi gambar berarti tangkapan gambar tanpa blur bisa rumit.

Kinerja kamera ponsel pada cahaya rendah adalah sama saja dengan kebanyakan ponsel lainnya, gambar berjuang untuk benar-benar memberikan tampilan tajam, berbeda ketika dibandingkan dengan ketika Anda berada di lingkungan yang cukup terang.

Ketika dimasukkan ke dalam air, Xperia Z1 menawarkan hasil tangkapan kamera yang cukup mengejutkan. Dengan flash, foto-foto cukup jelas, tapi tidak demikian ketika tidak memakai flash.



Kamera Depan Xperia Z1:
Xperia Z1 dilengkapi dengan kamera 2 megapixel, persis dengan kamera depan Galaxy S4, tapi kalah dengan HTC One yang membawa 2,1 megapixel. Ambil foto dengan kualitas di atas rata-rata serta kemampuan untuk melakukan streaming dan merekam video 1080p pada 30fps, mengesankan jika Anda berencana untuk menggunakan percakapan video.



Kualitas Video Xperia Z1
Xperia Z1 benar-benar merekam video full HD pada 30 fps. Rekaman yang jelas, dan tangkapan audio yang mengesankan.



Kualitas Panggilan dan Suara Xperia Z1:
Xperia Z1 menawarkan kualitas panggilan yang kencang, dan memiliki bebeapa fitur untuk menjaganya tetap nyaring dan jelas. Dalam pengaturan panggilan Anda dapat mengaktifkan penekanan noise mic, untuk mengurangi kebisingan latar belakang, gunakan fitur tambahan suara speaker untuk mendengarkan pengalaman yang lebih kaya, dan mode bicara lambat untuk memperlambat lawan bicara Anda.

Tidak ada masalah panggilan putus dalam melakukan panggilan dengan Z1, dan perangkat ini berhasil melakukan pekerjaan dengan baik mengisolasi suara ketika Anda berada di lingkungan yang bising seperti berada di sebuah stasiun kereta api.



Kualitas Audio Xperia Z1:
Untuk mendengarkan musik dan menonton video, speaker keras tetapi tidak sempurna ketika volume berada pada level tinggi. Jika Anda mau mendengarkan musik atau menonton film, Anda sebaiknya memakai headphone.



Kekuatan Baterai Xperia Z1:
Xperia Z1 ditenagai dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, ini sama dengan naik hampir 30 persen dari pendahulunya, Xperia Z, dan lebih besar 400 mAh dibandingkan dengan baterai Galaxy S4.
Tersedia menu modus Stamina untuk menonaktifkan data pada saat layar dimatikan, dan mode baterai rendah untuk menghemat daya ketika Anda telah mencapai tingkat baterai kritis.

Dari pengujian yang dilakukan dengan penggunaan bermain game, browsing,  Facebook, dan Twitter, baterai yang di charge hingga penuh pada jam 09.30 kemudian digunakan sampai jam 11, berkurang menjadi 60%, ini dilakukan tanpa menggunakan mode baterai rendah, dan stamina.

Sementara untuk pengujian yang lebih ekstrim, streaming video full HD selama 30 menit, baterai dari 100% turun menjadi 78%.



KESIMPULAN SONY XPERIA Z1:
SONY XPERIA Z1 adalah smartphone yang tangguh dengan kamera yang ditingkatkan, dan desain elegan, membuatnya menjadi smartphone 5 inci terbaik untuk Anda beli sekarang.