Review Lengkap HTC One M8

Advertisement
HTC ONE M8 adalah smartphone andalan selanjutnya dari HTC. M8 mengambil alih HTC One, yang terbukti pernah menjadi smartphone laris dari HTC. HTC One M8 akan dikenang sebagai salah satu smartphone terbaik tahun ini, dan jelas smartphone ini jauh lebih unggul dalam beberapa hal dibandingkan saingan utamanya, Samsung Galaxy S5.

Review Lengkap HTC One M8


Review HTC One M8 secara lengkap:

Kelebihan HTC One M8:
- Layar besar dan tajam
- Fitur kamera dikemas menarik
- Desain metal terdepan di kelasnya
- Perbaikan di Sense 6 UI

Kekurangan HTC One M8:
- Permasalahan exposure dan chroma dalam foto
- Duo Kamera tidak bekerja dengan sempurna

Fitur utama HTC One M8: 
Layar 5 inci SLCD 1080p; Prosesor quad-core Snapdragon 801 CPU; HTC Sense 6; Duo Camera dengan sensor 4MP UltraPixel; Android 4.4


Desain HTC One M8:
Tidak butuh lama untuk menyadari bahwa HTC One M8 merupakan smartphone yang indah, terutama ketika Anda membandingkannya dengan Samsung Galaxy S5. HTC telah memutuskan bahwa tampilan, dan kualitas bahan adalah hal yang penting, yang menjadikan sebagai prioritas utama mereka.
Review Lengkap HTC One M8
Seperti versi aslinya (HTC One), HTC One M8 dibalut dengan bahan logam, tapi jauh lebih banyak dibandingkan pendahulunya tersebut. Lebih jelasnya, pada HTC One digunakan 70 persen logam, sedangkan pada HTC One M8 digunakan hingga 90 persen logam.

M8 akan terasa lebih besar sedikit dibandingkan dengan smartphone tahun lalu (HTC One), meskipun M8 secara signifikasn lebih tinggi, tapi tidak terasa lebih besar ketika digenggam.

Pada smartphone ini disediakan fitur Motion Launch, yang memungkin Anda mengaktifkan ponsel dari mode siaga dengan hanya dua kali mengetuk layar dengan cepat.

M8 memiliki ketebalan 9,4 mm, berat 160 gram, tinggi 146 mm, dan lebar 71 mm. HTC telah mencoba untuk membuat smartphone yang terlihat baik, tidak fokus menjadikannya sebagai smartphone tertipis maupun teringan.

Salah satu masalah teknis yang dihadapi smartphone ini adalah antena nirkabel tidak berfungsi dengan baik melalui logam. Itulah alasannya mengapa bagian belakangnya hanya berisi 90 persen logam.

M8 tersedia dalam tiga warna, yakni gunmetal grey, arctic silver, dan amber gold.
review lengkap HTC One M8
M8 memecahkan permasalahan yang ada pada versi sebelumnya, pada versi ini sudah disediakan slot kartu memori microSD. Terletak di tepi kanan smartphone. Sedangkan dalam penggunaan kartu SIM, M8 menyediakan slot nano SIM, yang jauh lebih kontroversial dibandingkan HTC One asli. Hanya beberapa smartphone yang menggunakan SIM berukuran kecil ini, diantaranya iPhone S5S, dan Motorola Moto X.
review lengkap HTC One M8
HTC One M8 memiliki berbagai fitur, tapi apakah One M8 tahan terhadap air? Sony Xperia Z2 dan Samsung Galaxy S5 keduanya bersertifikat tahan air dan debu. Sedangkan HTC One M8 tidak tahan terhadap air, laporan online menyebutkan smartphone ini sebenarnya cukup kedap air, tapi tidak memiliki ketahanan seperti para kompetitornya tersebut.



Speaker BoomSound HTC One M8:
Speaker M8 terletak di bagian depan. Speaker ini menghasilkan kualitas audio jauh lebih baik. Mungkin banyak yang berasumsi ini tentang volume, tapi speaker BoomSound benar-benar memberikan nada yang lebih kaya, dan tenaga yang lebih.



Layar HTC One M8:
HTC One M8 menggunakan layar beresolusi 1080p. M8 memiliki layar SLCD 5 inci, naik dari 4,7 inci pada versi aslinya. Berimbas dengan menurunnya kepadatan pixel pada smartphone baru tersebut menjadi 441 ppi, turun dari 469 ppi.

Dengan dibekali layar besar, HTC One M8 lebih mengesankan ketimbang layar 'Triluminous' milik Sony Xperia Z2. HTC One M8 memiliki tingkat kejenuhan dan akurasi warna yang cukup akurat.



Video HTC One M8
Kombinasi speaker dan layar besar membuat HTC One M8 sebagai pilihan yang jelas sebagai smartphone untuk digunakan memutar video. Tapi Anda diharuskan untuk meng-install aplikasi pihak ketiga jika Anda ingin menonton video, HTC tidak menyediakan aplikasi pemutar video sendiri, HTC menyediakan aplikasi pemutar musik saja.

Anda bisa menggunakan aplikasi MX Player, salah satu media player gratis paling populer di Android. HTC One M8 dapat memutar berbagai jenis file tanpa masalah, diantaranya MKV, Xvid, dan DivX.



Android 4.4 dan Sense 6 HTC One M8
HTC One M8 menjalankan sistem operasi Android versi 4.4, dengan sentuhan antarmuka Sense 6. Meskipun HTC mengatakan telah mendesain ulang dari bawah hingga atas, namun pada versi ini masih terlihat cukup mirip dengan versi sebelumnya yang ada pada HTC One asli.

Satu perbedaan fungsional yang jelas antara M8 dengan HTC One asli adalah soft key beralih menjadi berada di layar. HTC One hanya memiliki tombol kembali dan tombol Home, tapi pada HTC One M8 ditambah dengan tombol multi-tasking, yang memungkinkan Anda melihat dan menutup setiap aplikasi yang baru dijalankan.



Aplikasi yang ditawarkan HTC One M8:
Sense TV
Aplikasi ini sudah tersedia tahun lalu di smartphone HTC One, tetapi pada tahun ini diberi tambahan panduan TV untuk saluran di daerah Anda, dan memungkinkan Anda untuk mengubahnya menjadi remote control.

Kid Mode
Aplikasi ini juga sudah terlihat sebelumnya. Dibuat oleh Zoodles, menawarkan smartphone Anda menjadi Aman untuk anak, menghindarkan sesuatu yang tidak seharusnya mereka klik. Aplikasi ini lucu dan ringan.

Fitbit
Aplikasi lainnya yang dibuat bukan oleh HTC. Aplikasi ini memungkinkan untuk melacak berapa langkah Anda. Fitbit melakukannya tanpa menggunakan terlalu banyak daya baterai.

HTC Music app
HTC One M8 memiliki dua player musik. Satu aplikasi dari Google, dan satu lagi aplikasi buatan HTC. Musik player Google berbasis cloud, sedangkan musik Player HTC adalah trek lokal yang telah Anda simpan pada smartphone.



Performa dan Gaming HTC One M8
HTC One M8 menggunakan prosesor snapdragon 801, jenis sama yang digunakan pada Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z2. Namun, terdapat perbedaan sedikit dalam hal spesifikasi ini.

M8 menggunakan prosesor dengan kecepatan 2,3 GHz, sedangkan Galaxy S5 menggunakan prosesor yang sedikit lebih cepat, yakni 2,5 GHz.

Dalam urusan RAM, Sony menjadi yang teratas. Sony adalah satu-satunya smartphone (hingga tulisan ini dibuat) yang memiliki RAM sebesar 3 GB. Sementara itu Galaxy S5 dan One M8 kedua-duanya hanya memiliki RAM 2 GB.

Setelah di uji memainkan game kelas tinggi Asphalt 8 dan Real Racing 3, kinerja yang terlihat dan yang dirasakan tidak seperti yang sangat diharapkan, meskipun itu tidak menghambat dalam memainkannya. Begitu juga ketika diuji memainkan game Riptide GP2.



Aplikasi kamera HTC One M8
HTC mengklaim aplikasi kamera yang ada di HTC One M8 telah disederhanakan, tapi itu tidak sepenuhnya benar.

Terdapat 6 mode yang bisa dipilih:
- Normal shooting
- Video
- Zoe
- Selfie (kamera depan)
- Dual capture
- Pan 360 (panorama 360 derajat)

Pengaturan tombol di bagaian bawah memberikan Anda akses ke pengaturan scene, ISO, kompensasi exposure, white balance, efek filter, dan pengaturan kamera inti.

Berfungsi mirip dengan mode manual pada kamera-sentris di Lumia 1020, Anda dapat mengatur suhu warna, kompensasi eksposur, ISO, dan yang paling berguna, fokus dan kecepatan bidik.

Berikut ini modus lainnya yang bisa dicari di submenu:
- Night
- Anti-shake (tidak ada OIS optik, ini hanya solusi perangkat lunak)
- Portrait
- Landscape
- Backlight
- Text
- Macro



Hardware HTC One M8
HTC One M8 memiliki kamera yang paling menarik, setidaknya hingga saat ini. Untuk kamera belakangnya digunakan dua sensor dan dua lensa. Tidak ada Optical Image Stabilization (OIS) pada smartphone ini.
review lengkap HTC One M8
Apa manfaat dari duo kamera yang ada di HTC One M8?
HTC membuka API untuk pengembang pihak ketika, untuk membiarkan aplikasi lain dalam pengembangan duo kamera tersebut. Duo kamera ini mempunyai manfaat dengan membawa dua fitur, UFocus, dan Foregrounder.

UFocus memungkinkan Anda memfokuskan pada satu titik. Anda tinggal menekan bagian titik mana yang akan dijadikan objek fokus Anda, dan sisanya akan dikaburkan (blur) oleh HTC One M8.
review lengkap HTC One M8 
[gambar lainnya]

Foreground memungkinkan Anda untuk memberi efek pada titik yang diinginkan. Sama seperti UFocus, namun pada mode ini titik yang tidak Anda pilih bukan menjadi kabur, tapi bisa dibuat terlihat seperti kartun, atau sketsa. Lihat contoh:[gambar 1][gambar 2][gambar 3]



Baterai HTC One M8
HTC One M8 memiliki baterai 2600 mAh, naik 300 mAh dari model yang terakhir. Ini merupakan peningkatan, namun kompetitornya, Galaxy S5 dan Xperia Z2 memiliki baterai dengan ukuran yang lebih besar.

Dalam penggunaan untuk bicara, M8 dapat bertahan hingga 20 jam,  web browsing hingga 9 jam, memutar video hingga 11 jam, dan bertahan stand-by hingga 496 jam.


(Baca juga: Harga Terbaru, Fitur, dan Spesifikasi lengkap HTC One M8)