Review Lengkap Nokia X 'Normandy'

Advertisement
NOKIA X adalah ponsel pertama yang dibuat oleh Nokia yang menggunakan sistem operasi Android. Perangkat ini diperuntukan bagi pengguna yang menginginkan ponsel Android murah. Antarmukanya tidak terlihat seperti kebanyakan ponsel Android lainnya. Lalu bagaimana ulasan lengkap untuk ponsel Nokia X tersebut?

Review Lengkap Nokia X 'Normandy'
Berikut ini review lengkap Nokia X:

Kelebihan:
- Performa hebat
- Antarmuka menyegarkan
- Terjangkau

Kekurangan:
- Kamera standar
- Kapasitas baterai kurang
- Kekurangan aplikasi
- Penyimpanan sedikit

FITUR UTAMA NOKIA X: 
Layar 4 inci 480 x 800 pixel; Android dengan kostum antarmuka.
(Baca juga: Harga, Fitur dan Spesifikasi Nokia X Normandy)

Desain Nokia X:
Nokia X mungkin berbeda dari ponsel Nokia Lumia dalam banyak hal, tapi ponsel ini menggunakan desain yang penuh warna mirip seri Lumia. Nokia X tersedia dalam warna kuning, biru, hijau, merah, hitam, dan putih. Bodinya tebal 10,4 mm. Bentuknya kecil lucu.

Seperti ponsel Nokia Lumia, Nokia X memiliki cover belakang plastik yang bisa dibuka untuk memasukkan mikro SIM ke dua slot yang tersedia. Ponsel ini untuk pasar negara berkembang, itulah sebabnya ia menawarkan dual-SIM.

Tersedia slot kartu memori microSD yang bisa menampung hingga 32 GB, sebagai tambahan dari memori internal 4 GB yang dimilikinya.
Review Lengkap Nokia X 'Normandy'

Review Lengkap Nokia X 'Normandy'


Perangkat lunak Nokia X:
Perangkat keras yang digunakan Nokia X tidaklah begitu menarik. Sedangkan pada perangkat lunaknya, Nokia X menjalankan sistem  yang disesuaikan dari Android 4.1, tidak terlihat seperti Android biasa. Namun, tampilannya mirip Windows Phone dengan tampilan tiles ala Lumia. Tidak ada tampilan 'Rumah Android'disini.


Layar Nokia X:
Untuk ponsel yang dibanderol dengan harga miring, layar Nokia X bisa disebut bagus. Dengan luas 4 inci serta resolusi 480 x 800 pixel, layarnya sama dengan Lumia 520 dan Lumia 620.

Dengan menggunakan layar jenis IPS, hasil yang ditawarkannya lebih baik daripada beberapa ponsel murah lainnya. 


Aplikasi Nokia X:
Dalam Nokia X, perusahaan melewatkan salah satu yang penting pada setiap ponsel Android. Di ponsel ini tidak ada aplikasi Google Play Store, yang merupakan tempat dimana ribuan aplikasi Android berada.

Sebaliknya, Nokia menawarkan berbagai aplikasi Nokia, dan Microsoft. Aplikasi seperti BBM, dan Skype sudah disediakan sebagai aplikasi pra-instal.

Nokia mengakui bahwa Nokia Android app store tidak menawarkan pilihan yang lengkap. Ia bahkan menyarankan untuk menggunakan app store pihak ketiga apabila tidak menemukan apa yang Anda cari.


Kamera Nokia X:
Nokia X membawa kamera sebesar 3,15 megapixel, tanpa kamera depan. Gambar-gambar yang dihasilkan tidaklah fantastis, tapi ini setara dengan harga yang ditawarkan. Disediakan pengaturan manual untuk memperindah hasil jepretan, diantaranya ISO, white balance, exposure, sharpness, dan face detection.

Sudah bisa ditebak untuk ponsel sekelasnya, hasil pengambilan gambar pada malam hari tidak memuaskan.


Performa Nokia X:
Pada dapur pacunya Nokia X didukung dengan prosesor dual-core 1 GHz Cortex-A6 Snapdragon S4 Play, GPU Adreno 203, dan RAM 512 MB. Artinya ponsel ini cukup baik untuk menangangi fungsi-fungsi dasar. Diarahkan untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan smartphone, dan juga untuk pasar berkembang, tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan ponsel high-end.

Nokia X bukanlah sebuah perangkat yang sangat responsif. Ada terjadi 'penundaan' ketika menyentuh layar, ada kalanya harus mengulang gerakan berulang-ulang sampai akhirnya ponsel  tahu apa yang pengguna ingin lakukan. Kadang-kadang ketika menekan tombol kembali untuk pergi ke layar awal, hanya disambut dengan jeda panjang dan tulisan "please wait", atau juga kadang-kadang layar ponsel hidup sendiri, dan juga kadang-kadang pada sistem pemberitahuannya tidak berjalan dengan semestinya, bahkan tidak muncul pemberitahuan sama sekali.


Baterai Nokia X:
Baterainya berkapasitas 1.500 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, diharaphkan penggunaannya dapat berlangsung lama. Diklaim dapat bertahan dengan waktu bicara hingga 10,5 jam. Namun untuk pemakaian yang berlebih, seperti menonton video, ponsel ini hanya sanggup bertahan sekitar empat jam.