Review Lengkap Phablet HP Slate6 VoiceTab + dengan Spesifikasi

Advertisement
HP atau Hewlett-Packard merupakan perusahaan yang memiliki sejarah dalam memasarkan produk PDA dengan sasaran pengguna kelas atas. Di era smartphone ini, walaupun terlambat seiring dengan persaingan di antara vendor-vendor lain, HP akhirnya mengeluarkan perangkat pintarnya, dengan harga yang terjangkau untuk kelas menengah, yakni HP Slate6 VoiceTab, dan HP Slate7 VoiceTab. Perangkat tersebut tidak dalam bentuk ponsel, melainkan phablet, yakni penggabungan antara ponsel dan tablet.



Review Lengkap Phablet HP Slate6 VoiceTab + dengan Fitur dan Spesifikasi

Pada bagian ini akan di bahas mengenai Phablet HP Slate6 VoiceTab.

Harga HP Slate6 VoiceTab dibanderol Rp 2.799.000 (Juni/2014, harga handphone terbaru klik disini).
Berikut ini review lengkap HP Slate6 VoiceTab:


Kelebihan:
- Desain berkualitas
- Layar HD luas
- Performa baik
- Harga murah

Kekurangan:
- Antarmuka standar
- Fitur minim

FITUR UTAMA HP SLATE6 VOICETAB:
Layar IPS 6 inci 720 x 1280; Kamera belakang 5 MP; Quad-core 1,2 GHz; Android Jelly Bean

(Baca juga: Review handphone lain secara lengkap disertai dengan fitur dan spesifikasi)


Tampilan HP Slate6 VoiceTab:
Perangkat 6 inci ini memiliki bezel tipis. Bodinya mencolok tipis 8,98 mm, namun perangkat ini tidaklah nyaman untuk dimasukkan ke saku Anda. Anda lebih baik menggenggam dengan kedua tangan dalam penggunaan dasar sekalipun.
Review Lengkap Phablet HP Slate6 VoiceTab + dengan Spesifikasi
Penutup belakangnya terbuat dari plastik, dan memiliki desain mosaik. Teksturnya sedikit kasar yang memberi rasa kesat ketika menggemggam phablet ini. Logo HP tepat di bawah kamera 5 MP dan flash miliknya. Tampak mewah dengan terlihatnya pola mirip serat karbon dengan efek berkilau ditambah dengan warna keemasan pada bezel yang mengelilingi ponsel.

Mekanisme yang digunakan untuk membuka penutup belakangnya mirip dengan smartphone Samsung. Setelah terbuka, kita dapat melihat baterai 3000 mAh, slot kartu memori, dan dua slot kartu SIM (mini dan mikro).



Layar HP Slate6 VoiceTab:
Slate6 memiliki layar yang luas, namun hanya bisa mendeteksi 5 sentuhan bersamaan saja. Phablet ini menggunakan layar IPS yang mampu menampung hingga 16 juta warna pada kerapatan 245 pixel. Phablet ini memiliki viewing angle yang cukup luas. Kualitas sajian warna pada layar bersolusi 720 x 1280 pixel ini tidak tampak mengalami penurunan berarti, walaupun dilihat dari sudut menyamping. Sedangkan dalam menampilkan gambar, hasilnya cukup tajam, namun untuk teks berukuran kecil tidak demikian.



Sistem operasi dan antar muka HP Slate6 VoiceTab
Phablet ini membawa tampilan Android yang mirip dengan produk resmi Google, yaitu Nexus. Artinya HP mimilih untuk tidak mengotak-atik tampilan dasar Android.

Homescreen hanya memiliki 5 panel, tidak bisa ditambah atau dikurangi, sehingga pengguna tidak bisa menempatkan shortcut lebih banyak. Namun untuk  mengatasi masalah ini, pengguna dapat mengelompokkan shortcut ke dalam sebuah folder.

Lockscreen dilengkapi multi panel dengan fitur widget yang secara default memiliki 7 pilihan dan panel paling kiri berfungsi sebagai jalan pintas ke aplikasi kamera.

Untuk menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan, pengguna bisa mengakses Task switcher dengan tombol khusus di panel pada area bawah layar. Geser ke kanan atau ke kiri pada aplikasi-aplikasi yang mau di tutup.



Performa hardware HP Slate6 VoiceTab:
Dengan prosesor quad-core 1,2 GHz, GPU Vivante, RAM 1 GB, Internal 16 GB, dukungan microSD, dan baterai 3000 mAh, alhasil phablet ini menawarkan kinerja yang responsif. Tidak ada yang mengganggu dalam penggunaan phablet ini.

Dari hasil pengujian dengan aplikasi Antutu benchmark, phablet HP Slate6 VoiceTab mendapatkan skor 11218, sedangkan pengujian dengan Quadrant mendapatkan skor 3406.



Konektivitas HP Slate6 VoiceTab:
Dilengkapi dengan kemampuan dual sim, keduanya bisa aktif bersamaan, namun untuk koneksi internet, hanya kartu SIM pada slot 1 yang bisa berjalan pada jaringan 3G.

Selain itu phablet ini juga dilengkapi dengan pilihan konektifitas seperti WiFi, Hotspot, Bluetooth, dan microUSB. Namun, NFC, dan pemancar inframerah tidak tersedia.



Kamera HP Slate6 VoiceTab
Tidak ada aplikasi kamera khusus bawaan Slate6. Kinerja kamera 5 MP di dalam rauangan menunjukan gambar yang agak gelap dan terlihat noise. Namun bisa diatasi dengan penerangan lampu flash di sematkan pada phablet ini. Sedangkan hasil pada ruangan terbuka hasilnya tidak buruk, namun juga tidak istimewa.

Soal fitur pun demikian, kamera ini praktis hanya memiliki fitur yang biasa seperti touch focus dan geotagging. Diluar itu hanya ada pengaturan umum seperti exposure value, flash dan white balance.


Spesifikasi  HP Slate6 VoiceTab:
GENERAL
Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2, HSDPA 900 / 2100
(Dual SIM, (dual stand-by))
Dirilis Febrruari 2014
LAYAR
Tipe IPS capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran 720 x 1280 pixels, 6.0 inches (~245 ppi pixel density)
BODY
Ukuran / Berat 165 x 83.2 x 8.8 mm /160 gram
Warna Black
AUDIO
Fitur Vibration; MP3 ringtones
Jack 3.5 mm jack audio
Speakerphone Ya dengan stereo speakers
MEMORY
Internal 16 GB, 1 GB RAM
Eksternal microSD, up to 64 GB
DATA
EDGE Ya
GPRS Ya
Kecepatan HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v3.0, EDR
NFC Tidak
Infrared Tidak
USB / Port microUSB v2.0
KAMERA
Depan  2 MP
Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
Video Record Ya
FITUR
Sistem Operasi Android OS, v4.3 (Jelly Bean)
CPU Quad-core 1.2 GHz (Marvell PXA1088)
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Browser HTML5
Radio Stereo FM radio
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS
Java Java MIDP emulator
Fitur Tambahan SNS integration, Active noise cancellation with dedicated mic, Document viewer, Photo viewer/editor, Voice memo/dial, Predictive text input
FITUR MEDIA
Video Player MP4/H.263/H.264 player
MP3 Player MP3/eAAC+/WMA/WAV/Flac player
BATERAI
Tipe Li-Ion 3000 mAh battery
Stand-by
Bicara