Cara Screenshot Dengan Gesture di Perangkat Android

Advertisement
Screenshot di perangkat Android, baik itu smartphone, phablet, ataupun tablet sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan tanpa aplikasi. Dulu untuk melakukan screenshot, banyak pengguna perangkat Android direpotkan harus menginstal aplikasi terlebih dahulu untuk mengambil tampilan pada layar / screenshot. Dan ada pula yang mengharuskan perangkatnya di rooting terlebih dahulu. Padahal setiap perangkat sudah menyediakan shortcut atau jalan pintas dengan menekan beberapa tombol untuk mengambil screenshot. Kemudian dengan hadirnya fitur gesture atau gerakan tangan, cara lain dari pengambilan screenshot dapat dilakukan.

Screenshot Dengan Gesture

Untuk mengambil screenshot dengan gesture / gerakan tangan, langkah yang harus diambil adalah mengubah peraturannya terlebih dahulu:
> Masuk Pengaturan
> Pilih Sistem - Gerakan
> Gerakan dalam posisi hidup
> Contreng, pada bagian Usapkan telapak tangan....

Sekarang jika Anda ingin mengambil screenshot, cukup letakkan tangan Anda menyamping di layar (tahan 1 detik), kemudian gerakan ke kiri (atau ke kanan) dengan cepat. [lihat gambar dibawah ini]



Contoh screenshot di Galaxy Tab 3 8.0 dengan gesture
Berhasil dipraktekan pada perangkat Samsung Galaxy Tab 3 8.0.
Mungkin ada perbedaan langkah pada perangkat lain untuk menghidupkan fitur gesture ini.
Untuk pengambilan screenshot di perangkat Samsung dapat juga dilakukan menggunakan shortcut: tekan bersamaan tombol home + power.