10 Fitur Terbaik iOS 8 Yang Akan Buat Anda Suka

Advertisement
iOS 8, sistem operasi terbaru milik Apple sebagai suksesor dari iOS 7. Terdapat ratusan pembaruan yang ada di sistem operasi terbaru Apple iDevice ini, dari keyboard baru, dukungan widget, dan masih banyak lagi.

Jika Anda pengguna perangkat Apple, dan tidak cukup puas untuk memutuskan apakah Anda ingin meng-upgrade menjadi iOS 8, atau bertahan dengan OS lama, disini arhutek memberikan 10 alasan utama mengapa Anda harus meng-upgrade perangkat Apple Anda tersebut menjadi iOS 8.

Untuk melihat lebih mendalam tentang fitur-fitur terbaik di iOS 8 yang dapat menarik minat Anda, simak ulasan berikut ini.

1. Messages: Audio
Ada banyak fitur tambahan di Messages, termasuk fasilitas untuk merekam file audio, kemudian mengirimkannya. Sebuah ikon mikrofon baru bertengger di sebelah kanan kotak teks pesan. Untuk memulai merekam, tekan ikon tersebut, dan katakan apapun yang ingin Anda katakan. Setelah selesai, kibaskan ke atas, dan pesan terkirim. Jika tidak yakin dengan rekamannya, tekan tombol Play terlebih dahulu untuk mendengarkan kembali, atau tekan X untuk menghapusnya.

2. Handoff
Anda dapat mengatur ponsel Anda berdering pada perangkat Apple lainnya dengan akun yang sama. Hal ini berguna jika ponsel Anda berada di ruangan lain. Namun ada konsekuensi yang tidak diinginkan jika Anda meletakan ponsel Anda, iMac Anda, dan iPad Anda bersamaan disuatu tempat -- hasilnya semua perangkat berdering, dan fitur ini tidak membantu Anda dalam kondisi ini. Terlebih lagi, ketika Anda sudah menjawab di salah satu perangkat, yang lain akan terus berdering, selama satu atau detik lamanya.

3. Family Sharing
Family Sharing iOS 8
Anda dapat berbagi buku, film, aplikasi, dan yang lainnya antar anggota keluarga. Parental controls, artinya anak-anak tidak bisa membeli barang-barang sembarangan tanpa izin, dan masuknya aliran foto keluarga serta kalendar bersama. Anda dapat membayar semua dengan hanya satu kartu kredit. Ini berguna, tapi sekaligus juga berpotensi membahayakan.

4. Contacts
Apakah Anda bosan untuk selalu meng-update kontak Anda? Di iOS 8 ketika email masuk dengan tidak ada keterangan mendetail tentang kontak tersebut, sebuah kotak akan muncul dibagian atas pesan. Anda bisa mengabaikannya, atau juga pilih add to contacts untuk menambahkan info detail dari kontak email tersebut.

5. Messages: Selfie snapper

Messages: Selfie snapper
Messages akan membuat Anda lebih mudah untuk mengirim selfie, dan sebenarnya ini sangat mudah. Sentuh tombol kamera di sebelah kiri kotak pesan teks, lalu Anda akan melihat diri Anda di depan kamera. Tekan shutter, gamber terkirim. Jika Anda menghapus gambar, gambar tetap dikirim, jadi pastikan dengan baik-baik sebelum Anda menarik jari Anda. Dengan Messages Anda juga dapat mengirim video dari tombol ini, tapi sifatnya seperti teks, Anda dapat melihat pratinjau sebelum pesan dikirim.

6. VoLTE
Ini singkatan dari Voice over LTE, yang berarti kualitas panggilan akan jauh lebih baik. Kebanyakan panggilan dikirim melalui 2G, dengan data yang disediakan untuk 4G -- artinya jika Anda akan membuat panggilan, dan kekuatan sintal telepon Anda rendah tetapi kecepatan data Anda baik, panggilan dapat dialihkan melalui itu. Fitur ini disediakan untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, karena Anda memerlukan kemampuan data yang cepat seperti kecepatan hingga 150 Mbps.

7. Wi-fi calling
Fitur ini hanya untuk iPhone terbaru, dan juga terkait dengan peningkatan kualitas panggilan. Kinerja Wi-Fi tiga kali lipat dari iPhone 5s, yang berarti cukup untuk mendukung panggilan yang dikirim melalui wi-fi. Fitur ini perlu didukung oleh jaringan.

8. Messages
File audio dan video yang Anda kirimkan akan 'rusak' sendiri, kecuali jika Anda memilih untuk menyimpannya. Anda hanya perlu menekannya pada pilihan kata Simpan. Namun jika Anda menyimpan file audio atau video yang dikirimkan kepada Anda, pengirim akan mengetahuinya.

9. Tips
Ini adalah aplikasi baru yang akan memberitahu Anda hal-hal yang Anda tidak tahu, seperti bagaimana untuk mengambil portret selfie dengan menggunakan timer, atau juga cara untuk menggunakan Siri dalam memanggil aplikasi Shazam, sehingga dapat mengidentifikasi semua lagu yang Anda dengarkan.

10. Anybody’s keyboard
Anybody’s keyboard
Seperti Apple QuickType, dapat memprediksi kata berikutnya sebelum Anda mengetik, tetapi juga memiliki kemampuan Swype.