10 Search Engine Terbaik 2016, Termasuk Google

Advertisement
Search Engine atau mesin pencari dikenal sebagai alat / tool yang sangat bermanfaat. Contoh search engine yang paling terkenal, termausk di Indonesia adalah Google, dan banyak yang beranggapan sebagai satu-satunya search engine yang ada, namun sebenaranya masih ada beberapa search engine lain yang dapat dijadikan referensi. Untuk orang-orang yang masih pemula dalam internet, sebagian besar pengguna menginginkan mesin pencari yang memberikan tiga fitur utama, yakni: hasil yang relevan; rapi (mudah dibaca); dan opsi yang bermanfaat.
search engine
Dengan kriteria tersebut, tidak sedikit orang yang akan kembali lagi menggunakan search engine yang disukainya ini. Berikut arhutek merekomendasikan 10 situs search engine terbaik dengan kelebihan ditiap masing-masingnya: (urutan teracak)

Dogpile
Bertahun-tahun sebelum Google, Dogpile merupakan pilihan search engine yang cepat dan efisien. Perubahan terjadi dalam Dogpile, kemudian memudar kedalam ketidakjelasan, dan akhirnya Google menjadi 'raja'. Tapi sekarang, Dogpile kembali lagi, dengan pertumbuhan indeks, bersih, dan presentasi yang cepat. Jika Anda ingin mencoba mesin pencari dengan presentasi menyenangkan dan bermanfaat. hasil crosslink, pastikan untuk mencoba Dogpile.
situs: dogpile.com

Ask
Ask atau dikenal juga sebagai AJ, atau Ask Jeeves, adalah search engine yang sudah lama malang melintang di World Wide Web. Antarmuka yang super bersih, dan sebagai fasilitas pilihan situs pencarian sebaik Google atau Bing atau DuckDuckgo.  Dengan hasil yang dikelompokkan, membuat Ask.com tetap menonjol. Presentasinya bisa dibilang bersih dan lebih mudah dibaca daripada Google atau Yahoo! atau Bing, dan pengelompokkan hasil pencarian tampak lebih relevan.
situs: ask.com

Duck Duck Go
Pada awalnya, DuckDuckGo terlihat seperti Google. Tapi ada banyak seluk beluk yang membuat mesin pencari sederhana ini berbeda. DuckDuckGo memiliki beberapa fitur apik, seperti informasi 'zero-click' (semua jawaban Anda ada pada halaman pertama). DuckDuckGo menawarkan petunjuk disambiguasi (membantu untuk menjelaskan pertanyaan apa yang benar-benar Anda tanyakan). Dan iklan spam jauh lebih sedikit dibandingkan Google. Coba DuckDuckGo, mungkin Anda suka dengan mesin pencari yang bersih dan sederhana seperti ini.

Google
Mungkin semua orang mengenal situs pencari ini. Google adalah rajanya mesin pencari. Google memberikan hasil yang cepat, relevan, dan katalog tunggal terbesar dari halaman web yang tersedia untuk saat ini. Pastikan anda mencoba layanan Google 'Images', 'Maps', dan 'News', mereka adalah layanan yang luar biasa untuk mencari foto, arah geografis, dan headline berita.
situs: google.com

Bing
Mesin pencari dari Microsoft sebagai upaya menggeser popularitas Google. Bing digunakan sebagai pencari MSN sampai diupdate pada musim panas tahun 2009. Hal-hal seperti saran 'wiki', 'pencarian visual', dan 'penelusuran terkait' mungkin sangat berguna bagi Anda. Bing pantas untuk dicoba.
situs: bing.com

Yippy (dahulu 'Clusty')
Yippy adalah situs mesin pencari yang akan mencari mesin pencari lainnya untuk Anda. Berbeda dengan web biasa, yang diindeks oleh program robot spider, halaman web biasanya sulit untuk menemukan pencarian konvensional. Disitulah yippy menjadi sangat berguna. Jika Anda sedang mencari blog tentang bunga, informasi pemerintahan yang jelas, berita yang sulit ditemukan, penelitian akademik, dan konten  lainnya, maka yippy adalah alat mesin pencari yang Anda butuhkan.
situs: yippy.com

Webopedia
Webopedia adalah salah satu situs yang paling berguna di World Wide Web. Webopedia adalah sumber ensiklopedia berdedikasi untuk mencari terminologi teknologi dan definisi komputer. Misalkan ketik 'domain name system' atau 'DDRAM'.

Yahoo!
Yahoo! adalah mesin pencari, agregator berita, pusat perbelanjaan, sebuah kotak email, sebuah direktori wisata, horoskop, pusat permainan, dan yang lainnya lagi.
situs: yahoo.com

The Internet Archieve
The Internet Archieve merupakan tujuan favorit bagi pecinta web lama. Situs ini telah mengambil snapshot dari seluruh World Wide Web, memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan kembali pada waktu lama untuk melihat bagaimana halaman web itu terlihat.

Mahalo
Mahalo adalah salah satu situs pencarian 'bertenaga manusia' dalam daftar ini. Mempekerjakan sebuah komite editor untuk menyaring secara manual ribuan keping konten. Ini berarti bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang kualitasnya sedikit lebih tinggi dari konten dari relevansinya (sebaik editor manusia bisa menilai)
situs: mahalo.com

Untuk Anda yang biasa menggunakan mesin pencari Google, dan bahkan menemukan tulisan ini dengan Google, mulai dari sekarang bisa menggunakan mesin pencari yang disebutkan diatas, yang tentunya bisa dijadikan sebagai referensi untuk berbagai keperluan.