Shortcut Keyboard Browser, Agar Terlihat Jago Saat Browsing

Advertisement
Untuk Anda yang suka berselancar / browsing menggunakan perangkat desktop, seringkali membutuhkan waktu yang cepat untuk mengakses beberapa aksi tanpa menggunakan mouse. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa shortcut keyboard browser yang dapat diakses dengan mudah, dan tentunya lebih menghemat waktu. Dengan dilakukannya secara berulang-ulang, dijamin Anda akan terbiasa, dan akan merasakan manfaatnya.

shortcut keyboard browser

Berikut ini arhutek merekomendasikan 10 shortcut keyboard browser yang sangat berguna untuk penggunaan yang lebih cepat yang dapat bekerja seperti di Firefox, Chrome, atau Opera, dan tentunya ini akan membuat Anda terlihat lebih handal:

Shortcut keyboard browser

1. CTRL-T, untuk meluncurkan tab browser baru
Browser memberikan anda untuk mengakses beberapa tab secara bersamaan. Dengan shortcut mudah, CTRL-T, tab baru akan diluncurkan.

Tips lain:
- Gunakan CTRL-Page Up, dan CTRL-Page Down untuk menavigasi antar tab.

2. ALT-D untuk mengakses address bar
Address bar atau disebut juga URL bar, tempat dimana Anda mengetikan alamat situs yang akan Anda akses. Untuk akses lebih cepat tanpa mouse gunakan ALT-D.

3. CTRL-enter untuk mengetik 'www.' dan '.com'
Dengan banyaknya alamat situs atau URL yang dimulai dengan http://www." dan diakhiri dengan '.com", browser menawarkan Anda shortcut yang bisa digunakan tanpa ribet mengetiknya. Berikut langkahnya:
1. tekan Alt-D untuk memfokuskan ke address bar (address bar akan terblok warna biru)
2. Ketik misalnya google
3. tekan CTRL-Enter

Tips lain:
Jika Anda menekan ALT-CTRL-Enter, Anda akan mengunjungi situs yang diluncurkan dengan pada tab browser baru.

- SHIFT-Enter untuk .net
- SHIFT-CTRL-Enter untuk .org

4. CTRL-D untuk bookmark
Bookmark digunakan sebagai penanda situs favorit Anda. Gunakan CTRL-D, sebuah kotak dialog (jendela mini) akan muncul, dan menyarakan nama dan folder. Jika Anda menyukai nama dan folder yang disarankan, tekan Enter pada keyboard Anda.

5. CTRL-mousewheelspin untuk zoom
Jika tulisan terlihat lebih kecil atau lebih besar, sebaiknya gunakan fitur zoom. Dapat dengan mudah dilakukan dengan menekan CTRL ditangan kiri Anda, dan putar mousewheel* dengan tangan kanan Anda.
* mousewheel = terletak di bagian tengah mouse (di antara klik kiri dan klik kanan), yang dapat diputar.

6. CTRL-F4 atau CTRL-W untuk menutup tab browser
Ketika Anda ingin menutup tab browser, gunakan CTRL-F4 atau juga CTRL-W.

7. Backspace untuk kembali ke halaman sebelumnya
Daripada mengklik tombol 'back' pada browser Anda, coba gunakan tombol backspace pada keyboard Anda sebagai gantinya. Ini berfungsi selama mouse Anda aktif di halaman, bukan di address bar.

8. F5 untuk refresh halaman
Penggunaan refresh sangat berguna jika Anda mengakses situs berita, ataupun jika halaman yang Anda akses belum sepenuhnya tampil. Tekan tombol F5 untuk refresh halaman dengan mudah.

9. ALT-Home untuk akses home page browser
Ini adalah cara pintas favorit bagi kebanyakan orang. Jika Anda mengatur home page Anda menjadi Google atau halaman berita favorit Anda, cukup tekan ALT-Home untuk memuat itu ke dalam tab saat ini. Jauh lebih cepat dari pada meraih mouse Anda dan mengklik tombol home.

10. Esc untuk membatalkan loading
Halaman web yang lambat sering terjadi. Jika Anda tidak ingin menunggu semua dimuat, cukup tekan ESC (escape) dari keyboard Anda. Perintah ini adalah sama dengan mengklik tombol X di browser Anda.