Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge, Layar Lengkung & Kamera Mengesankan

Advertisement
Galaxy S6 Edge, hp pintar (smartphone) fantastis dengan banyak 'kekuatan' serta kamera impresif. Namun dijual dengan harga tinggi, kinerja baterai yang buruk , serta fitur pada layar melengkungnya yang seakan menghentikannya dari sebutan sempurna. Mulai dikenalkan pada bulan Maret 2015, kemudian dirilis pada bulan berikutnya. Memiliki varian warna putih mutiara, hitam safir, emas platina, dan hijau zamrud. Serta dengan pilihan memori internal 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Harga Terbaru Samsung Galaxy S6 Edge
Kemunculan Galaxy S6 Edge sebagai hp dengan layar melengkung tidak membuat publik terkejut, dikarenakan Samsung sebelumnya telah merilis Galaxy Note Edge sebagai perangkat yang mengusung layar melengkung, walaupun hanya pada satu sisi layarnya saja. Galaxy S6 Edge adalah hp dengan perbedaan mencolok yang memiliki layar melengkung pada kedua sisinya, ini adalah yang pertama didunia perangkat hp. Samsung akhirnya merilis hp fantastis baik luar maupun dalamnya. Galaxy S6 Edge memiliki kelebihan desain premium, tampilan antarmuka lincah dan cepat, bertenaga, serta kamera yang menakjubkan. Sementara untuk kekurangannya, Galaxy S6 Edge dijual dengan harga yang sangat mahal, ketahanan baterai mengecewakan, layar sisi hanya memiliki sedikit fitur, tidak disediakannya slot microSD, serta tidak tahan terhadap air.

Galaxy S6 Edge dirilis bersamaan dengan Galaxy S6, dan keduanya memiliki spesifikasi yang identik. S6 Edge sedikit lebih tebal (S6 Edge = 7mm, S6 = 6,8 mm), dan sedikit lebih ringan (S6 Edge = 132 gram, S6 = 138 gram), serta kapasitas baterai yang lebih besar (S6 Edge = 2600 mAh, S6 = 2550 mAh). Walaupun terpaut sedikit perbedaan, selain dari perbedaan layar di kedua sisinya, Galaxy S6 Edge terpaut lebih mahal Rp 1,5 juta dengan Galaxy S6.

Untuk Anda yang ingin meng-upgrade dari keluarga Galaxy S sebelumnya, seperti Galaxy S5 bahkan Galaxy S4, ada beberapa yang perlu Anda pertimbangkan. Dalam upaya menjadikan perangkat hp berbahan bodi logam, Samsung telah menghilangkan slot memori eksternal microSD, serta menutup akses Anda ke baterai (non-removable battery), dan menjauhkan perangkat dari ketahanan debu dan air. Banyak pengguna yang tidak perduli dengan persoalan ini, tapi bagi pengguna setia Samsung yang ingin menambahkan memori eksternal, serta menginginkan baterai yang bisa dilepas, persoalan ini terasa sangat mengganggu.

Desain Galaxy S6 Edge
Saya sendiri suka dengan keseluruhan desain Galaxy S6 Edge. Namun ada beberapa pertanyaan tentang kesamaan desainnya dengan hp pabrikan Apple. Mulai dari penempatan jack headphone, port microUSB, hingga lubang speaker dibawah perangkat sama dengan hp iPhone. Namun secara keseluruhan, desain Galaxy S6 Edge sangat baik, dan merupakan lompatan besar dari Galaxy S5, bahkan dari Galaxy Note Edge.

Galaxy S6 memiliki ukuran dimensi 142,1 x 70,1 mm x 7 mm, serta bobot 132 gram. Bodi belakang dengan tampilan mengkilap dilindungi Corning Gorilla Glass 4 sehingga terhindar dari goresan benda tajam. Namun apabila dipegang, akan meninggalkan jejak-jejak jari kita sehingga terlihat kotor, alhasil Anda harus sering-sering mengelap agar terlihat bersih kembali. Meskipun dari depan terlihat indah dengan layar melengkungnya, namun dari belakang biasa-biasa saja, dan membuat hp ini terlihat lebih lebar jika dilihat dari belakang.

Tombol Home Samsung tetap dipertahankan pada hp Galaxy S6 Edge, namun bedanya tombol ini sudah diperbaharui dengan pemindai sidik jari, serta kontruksinya yang kokoh. Ini membuatnya terasa lebih premium dan tangguh. Sementara tombol sentuhan sensitif 'kembali' dan 'multi tasking' yang akan terang jika disentuh, mengapit tombol Home.

Layar Galaxy S6 Edge
Layar utamanya berukuran 5,1 inci dengan resolusi QHD (1440 x 2560 pixel) dari teknologi Super AMOLED yang memastikan kecerahan dan ketajaman. Memberikan kepadatan pixel hingga 577 ppi, lebih baik dari Galaxy Note (515 ppi) dengan resolusi yang sama pada layar yang lebih besar (5,7 inci). Namun lebih buruk dari Galaxy Note 4 Edge yang sempat mengguncang pada tahun 2014 lalu, dengan layar 5,6 inci dan 524 ppi.

Samsung meyakini layar inovatif yang berada di sisi Galaxy S6 Edge dapat memberikan beberapa fungsi yang benar-benar berguna, namun kenyataannya tidak sepenuhnya benar. Anda hanya dapat memiliki layar sisi sebelah kiri atau kanan layar, tidak ada pilihan untuk memilih ditampilkan di kedua sisi secara bersamaan. Di Galaxy Note Edge, Anda dapat menggunakan layar sisi kapanpun, namun pada Galaxy S6 Edge fungsi umum di layar sisi hanya tersedia bila layar dimatikan. Ada fungsi tambahan pada layar sisi ketika layar aktif, namun itu relatif terbatas. Seperti ketika ada pesan teks baru, pesan akan bergulir disepanjang sisi layar secara keseluruhan sehingga Anda dapat membacanya, tetapi Anda tidak dapat berinteraksi dengan pesan tersebut dari sisi layar, Anda perlu untuk membuka dan mengarahkannya ke aplikasi sendiri.

Tampilan dan Performa Galaxy S6 Edge
Galaxy S6 berjalan pada sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop, dan dapat diugrade menjadi versi 5.1.1 Lollipop. Tampilan antarmuka Touchwiz kali ini memberikan gaya yang lebih bersih dan sedikit dari gangguan. Penampilan masih terasa sama seperti Galaxy S sebelumnya, dan tidak semua orang akan suka. Namun dengan banyaknya perbaikan, Anda tidak akan menemukan masalah utama selama menggunakan Galaxy S6 Edge.

Aplikasi bloatware di Galaxy S6 Edge jumlahnya lebih sedikit, dan Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, atau menyembunyikannya. Namun Anda tidak dapat meng-uninstall aplikasi-aplikasi tersebut. Menariknya Samsung memberikan pilihan untuk menonaktifkan aplikasi dari Google, seperti Gmail, Drive, Maps, dan Google Play. Namun saya merekomendasikan untuk tidak melakukannya, karena aplikasi-aplikasi tersebut sangat berguna. Tapi itu kembali lagi ke pilihan Anda masing-masing.

Galaxy S6 ditanamkan prosesor octa-core dari Exynos, serta didukung juga dengan RAM sebesar 3 GB. Prosesor terdiri dari dua chip quad-core, satu clock 2,1 GHz untuk tugas berat seperti streaming video, dan game. Sementara chip 1,5 GHz untuk tugas yang biasa, seperti pesan teks atau browsing web. Ini berarti dalam menjalankan berbagai aplikasi akan terasa lancar, dan tidak ada tanda-tanda melambat. Game berat seperti Real Racing 3 dapat ditangani dengan mudah oleh Galaxy S6 Edge.

Galaxy S6 Edge mendapatkan skor GeekBench 3 sebesar 4774, terpaut jauh dengan Galaxy S5 dengan skor 2905. Serta menyapu bersih lawan dari merek lain, seperti HTC One M9 (3595), LG G Flex 2 (3427), Apple iPhone 6 (2902), dan Sony Xperia Z3 (2737).

Sayangnya dengan performa luar biasa tersebut, Galaxy S6 Edge ditenagai dengan baterai yang tidak bisa dicopot dengan kapasitas hanya 2600 mAh saja, 200 mAh lebih kecil dari Galaxy S sebelumnya. Dengan layar beresolusi tinggi serta prosesor yang kuat, berjuang dengan hp sekali charge dalam sehari terasa sangat sulit. Ketika dicoba digunakan mulai dari jam 9 pagi, dengan pamakain dua jam radio online, satu jam game, browsing - pesan teks - email sesekali, beberapa jepretan kamera, hp mulai minta untuk di charge pada jam 12 malam.

Dari persoalan tersebut, Samsung memberikan teknologi pengisian baterai yang cepat. Ini berlaku jika menggunakan charger asli bawaan pabrik. Galaxy S6 mengisi baterai 1,5 lebih cepat dibandingkan dengan model Galaxy S sebelumnya. Untuk pengisian charge 10 menit saja bisa digunakan selama empat jam. Galaxy S6 Edge juga mendukung wireless charging, membuat Anda lebih mudah dalam melakukan pengisian baterai.

Kamera Galaxy S6 Edge
Kamera belakang Galaxy S6 Edge berukuran 16 MP dengan berbagai fitur. Sampai tulisan ini dibuat, kamera di hp ini adalah yang terbaik. Kemudian untuk bagian depan terdapat kamera 5 MP. Dalam  mode terkunci, Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Home dua kali, dan aplikasi kamera akan terbuka dengan sangat cepat.

Terdapat menu yang berguna, yakni auto, pro, selective focus, panorama, virtual shot, slow motion, dan fast motion.
- Mode auto, aplikasi melakukan adaptasi pengaturan dalam mendapatkan gambar terbaik
- Pro, mode yang memberikan pilihan seperti white balance, eksposur, dan kontras
- Panorama, memberikan Anda kebebasan dengan mengambil gambar lebih luas
- Selective focus, memungkinkan Anda memillih titik fokus dari suatu objek. Anda mendapatkan tiga pilihan, dekat, jauh, atau semua
 
 
- Virtual shot, akan menampilkan tampilan 3D dari objek yang Anda pilih. Anda kemudian dapat melihat sekeliling objek dengan memiringkan ponsel Anda ke kiri dan kanan
- Slow motion dan fast motion, dapat dilakukan jika Anda merekam dengan resolusi 1280 x 720 pixel saja

Kamera Galaxy S6 memberikan kualitas terbaik di luar ruangan pada siang hari dengan tangkapan detail tingkat tinggi, dan bahkan 4x digital zoom tidak menurunkan kualitas. Ketika didalam ruangan dengan cahaya yang minim, kamera masih memberikan performa yang bagus. Terdapat flash LED dibagian kamera belakang, jika Anda menggunakannya akan terlihat over eksposur.

Harga terbaru Samsung Galaxy S6 Edge:
Rp 9.000.000,-* -- harga hp samsung terbaru
harga versi 64 GB -- harga pasar Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge:
GENERAL
Jaringan - GSM / HSPA / LTE
Nano-SIM
Dikenalkan Maret 2015
LAYAR
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 1440 x 2560 pixels (~577 ppi pixel density) 5,1 inci
Multitouch Ya
Proteksi Corning Gorilla Glass 4
- - TouchWiz UI
BODY
Ukuran / Berat 143.4 x 70.5 x 6.8 mm / 138 gram
Warna White Pearl, Black Sapphire, Gold Platinum, Blue Topaz
- Corning Gorilla Glass 4 back panel
- Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
AUDIO
Fitur Vibration; MP3, WAV ringtones
Jack 3.5 mm jack audio
Speakerphone Ya
MEMORY
Internal 32/64/128 GB, 3 GB RAM
Eksternal Tidak
DATA
EDGE Ya
GPRS Ya
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE, apt-X
NFC Ya
Infrared Ya
USB / Port microUSB v2.0, USB Host
KAMERA
Depan 5 MP, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
Belakang 16 MP, 2988 x 5312 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
Video Record 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dual-video rec
FITUR
Sistem Operasi Android OS, v5.0.2 (Lollipop), upgradable to v5.1.1 (Lollipop)
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57 (Exynos 7420)
GPU Mali-T760MP8
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Radio Tidak
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS, EDS
Java Tidak
Fitur Tambahan - Wireless charging (Qi/PMA) - market dependent - ANT+ support - S-Voice natural language commands and dictation - OneDrive (115 GB cloud storage) - Active noise cancellation with dedicated mic - Photo/video editor - Document editor
FITUR MEDIA
Video Player - MP4/DivX/XviD/WMV/H.264 player
MP3 Player - MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
BATERAI
Tipe Non-removable Li-Ion 2550 mAh battery
Stand-by -
Bicara Hingga 17 jam (3G)