Harga Xiaomi Redmi Pro Terbaru 2016

Advertisement
Harga Xiaomi Redmi Pro - Saya begitu antusias menjajal hp yang satu ini. Selain karna punya prosesor dexa-core, kamera utamanya juga ada dua. Saya yakin Anda juga penasaran. Ini dia review arhutek.blogspot.com untuk hp Xiaomi Redmi Pro.

Harga Xiaomi Redmi Pro
Harga Xiaomi Redmi Pro
Xiaomi Redmi dikenal sebagai hp entry level dengan hardware tidak terlalu tinggi. Tradisi tersebut kini dipatahkan dengan hadirnya hp Redmi Pro. Bukan cuma hardwarenya yang tinggi, hp ini juga punya desain yang menjanjikan.

Xiaomi Redmi Pro terlihat nyeleneh dengan adanya kamera besar dibagian belakang. Tidak seperti Mi 5 yang tidak kuat, Redmi Pro punya bodi kokoh, agak tebal, dan agak berat. Rangkanya terbuat dari metal, begitu juga dengan bodi belakangnya yang berbahan brused metal, ditambah dengan dua garis horizontal sebagai antena.

Meski lumayan tebal, Xiaomi Redmi Pro tergolong hp yang asik digengeggam. Ada dua lengkungan di sisi kiri dan kanannya, yang menghadirkan kenyamanan tersendiri. Sementara di sisi depan, terdapat LED notifikasi dengan beragam warna, tombol fisik home sekaligus sensor sidik jari, serta tombol menu dan back yang diserai LED warna putih. Untuk pengisian baterai, Xiaomi membekalinya dengan port USB type-C.

Xiaomi Redmi Pro yang direview ini masih mengusung MIUI 7.5 yang berbasis Android Marshmallow. Pada hari pertama menggunakannya,  langsung didapati notifikasi upgrade MIUI 8 versi stable. User interface ini terasa sama responsifnya dengan MIUI 7, hanya saja kini fiturnya bertambah banyak. Dan bagusnya konsumsi RAM untuk MIUI ini lebih hemat.

Yang paling menarik tentunya adalah fitur dual-space dimana kita bisa menggunakan dua akun dalam satu hp. Bahkan kita bisa menduplikat aplikasi atau game dengan cara yang sangat mudah. Opsi ini bisa ditemukan di menu setting.

Saya pikir hp ini tidak pantas ada dijajaran Redmi, pasalnya jeroan yang dibawanya tergolong tinggi. Di atas kertas spesifikasinya menyaingi Mi 5 yang notabene adalah hp unggulan Xiaomi. Dari layarnya saja terang dengan brightness 600 nits, sedangkan rata-rata brightness hp pintar lainnya adalah 450 nits.

Layarnya tersebut terbuat dari paneol OLED dengan resolusi full HD. Pixelnya terlihat sangat padat, namun terlihat kekuningan dibanding layar IPS. Jika dibanding layar AMOLED milik Samsung, contrast warnanya masih satu tingkat dibawahnya.

Berdasarkan hasil AnTutu, Xiaomi Redmi diberikan skor yang membanggakan, yakni nyaris 90 ribu poin dengan skor 3D mencapai 17 ribu poin. Skor ini tak lain berkat CPU dexa-core Hello X25 2,5 GHz dan GPU quad-core Mali T880.

Namun meski jumlah corenya banyak, CPU ini masih kalah kelas dengan Snapdragon 820 yang menjadi kebanggaan Qualcomm. Sebenarnya, CPU dan GPU ini sudah cukup membuat Redmi Pro bisa melibas game-game berat.

Tapi dengan 10 inti core, serta clockspeed tinggi, hp ini jadi terasa cepat panas. Apalagi bodinya berbahan metal. Ditambah lagi dengan konsumsi dayanya tinggi. Karenanya, meski membawa baterai jumbo 4050 mAh, daya tahannya biasa-biasa saja dengan hanya rata-rata screen-on-time 5 jam.

Xiaomi Redmi Pro sebenarnya ditawarkan dalam 3 pilihan RAM dan storage. Yaitu RAM 3 GB atau 4 GB serta storage 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Kapasitas dan storage ini sudah cukup, terlebih Anda bisa menambahnya dengan micro SD hingga 256 GB.

Harga Xiaomi Redmi Pro
Harga Xiaomi Redmi Pro
Harga Xiaomi Redmi Pro

Sudah puas menjajal performanya, hal berikutnya yang membuat penasaran adalah kameranya. Ini adalah kali pertama Xiaomi merilis hp dual kamera. Satu menggunakan sensor Sony MX258 beresolusi 13 megapixel, sementara satunya lagi beresolusi 5 megapixel dengan sensor Samsung.

Meski punya dua kamera, tentu saja Anda bisa memotret seperti biasa, menggunakan kamera dengan sensor Sony. Tapi kalau ada dua kamera, kenapa hanya menggunakan satu? Karenanya, sayapun lebih banyak bermain-main dengan mode stereo atau bokeh dengan mengaktifkan kedua kameranya.

Yup, dua kamera Redmi Pro berfungsi untuk menciptkan foto bokeh yang diklaim setara dengan DSLR. Mode ini mengijinkan Anda mengatur aperture dari 0,95 hingga 5,6. Jika mode stereo aktif, namun Anda menutup kamera utamanya, Anda tidak akan bisa memotret. Namun jika ditutup adalah kamera sekunder, Anda bisa saja memotret, hanya saja fungsi autofokusnya terganggu.

Perlu diketahui efek bokeh yang dihasilkan oleh dua kamera Redmi Pro berbeda dengan kamera DSLR. Efek ini bukan sepenuhnya berasal dari kemampuan kamera, tetapi lebih pada manipulasi software. Maka tidak heran hasilnya yang kadang tidak natural, dan kurang rapi.

Saat menggunakan mode stereo, kecepatan autofokusnya jadi melambat. Hasilnya pun tak jarang terlihat kurang rapi. Ada bagian yang seharusnya bokeh, tapi justru terlihat jelas dan sebaliknya. Namun pada akhirnya saya tidak kecewa dengan inovasi dual kamera pada Redmi Pro. Lama-kelamaan saya mulai terbiasa menggunakannya, sehingga lebih mudah menghasilkan foto bokeh.

Ya setidaknya membuat foto bokeh menggunakan Redmi Pro bisa lebih mudah ketimbang harus mengedit foto menggunakan filter Depth of Field di Instagram. Saya pun menjajal mode stereo ini untuk memotret di malam hari dengan cahaya mencukupi. Hasilnya terlihat terang dan tidak mengecewakan.

Jika sudah menjepret dengan mode stereo, Anda bisa mengedit hasil fotonya. Tingkat kedalaman bokehnya bisa diatur melalui Galeri. Selain itu hasil foto dari mode stereo juga bisa dilihat dalam mode 3D memanfaatkan sensor gyroscope yang dimilikinya.

Harga Xiaomi Redmi Pro

Rp 4.000.000,- , cek harga hp Xiaomi terbaru

Spesifikasi Xiaomi Xiaomi Redmi Pro

GENERAL
Jaringan GSM / HSPA / LTE
Dual SIM (dual stand-by)
Dikenalkan Juli 2016
LAYAR
Tipe LTPS-AMOLED sentuh kapasitif, 16 juta warna
Ukuran 5,5 inci; 1080 x 1920 pixels (~401 ppi)
Multitouch Ya
Proteksi
UI - MIUI 7.3
BODY
Ukuran / Berat
151.5 x 76.2 x 8.2 mm/ 174 gram
Warna Silver, Gold, Gray
AUDIO
Fitur
MP3, WAV ringtones; Vibration
Jack 3.5 mm jack audio
Speakerphone Ya
- Active noise cancellation with dedicated mic
MEMORY
Internal
128 GB, 4 GB RAM; atau
32/64 GB, 3 GB RAM
Eksternal
microSD, up to 256 GB
DATA
Kecepatan HSPA, LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
NFC -
USB / Port
Type-C 1.0 
KAMERA
Depan
5 MP, f/2.0, 1080p
Belakang
Dual 13 MP + 5MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Video Record
1080p@30fps, 720p@120fps
FITUR
Sistem Operasi
Android OS, v6.0 (Marshmallow)
CPU Deca-core 2.5 GHz
GPU Mali-T880 MP4
Sensor proximity, fingerprint, gyro, accelerometer, compass
Pesan Email, Push Mail, IM, SMS, MMS,
Browser HTML5
Radio FM radio
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS, BDS
Fitur Tambahan - Foto atau video editor
- Penampil dokumen
FITUR MEDIA
Video Player MP4/H.265/XviD player
MP3 Player WAV/eAAC+/FLAC/MP3 player
BATERAI
Tipe
Non-removable Li-Ion 4050 mAh battery
Stand-by -