Harga Xiaomi Mi 5s Plus Terbaru Bulan Ini 2016 [REVIEW]

Advertisement
Harga Xiaomi Mi 5s Plus - Beberapa bulan lalu saya sempat membahas Xiaomi Mi 5. Masih pada ingat kan? Nah kali ini saya akan membahas keluarga baru Xiaomi Mi 5 dengan bodi yang lebih besar. Yup ini dia Xiaomi Mi 5s Plus. Simak review lengkapnya dibawah ini.

Harga Xiaomi Mi 5s Plus

Desain Xiaomi Mi 5s Plus
Xiaomi Mi 5s Plus bisa dibilang adalah perpaduan Mi 5 dan Redmi Pro. Sisi kanan dan kiri pada bagian belakangnya melengkung. Dibanding Xiaomi Mi 5, saya merasa hp pintar ini jauh lebih kokoh. Hal ini terlihat dari bodinya yang lebih tebal dan lebih berat. Xiaomi MI 5s Plus adalah hp pintar full metal dengan varian warna gold, silver, dan gray.

Unit yang saya review ini adalah yang berwarna gold, dengan bagian depan berwarna putih. Di bagian depan ini Anda akan menemukan 3 soft button yang dilengkapi back-light serta LED notifikasi. Tidak seperti Mi 5 yang punya border hitam yang cukup tebal pada bagian layarnya, border hitam pada layar Mi 5s Plus kini jauh lebih tipis, sehingga tidak mengganggu mata. Sementara bezel layarnya sendiri tergolong tipis sehingga tidak membuat layarnya terasa lega. Oya, layarnya sendiri memiliki desain curved 2.5D.

Karena memiliki storage jumbo, Xiaomi tidak menyediakan slot micro SD pada Mi 5s Plus. Anda hanya akan menemukan 2 slot micro-SIM. Untuk mempermudah penggunaan dan meningkatkan keamanan, Mi 5s Plus ditunjang sensor sidik jari dibagian belakang. Meski bukan ultra sonic fingerprint, sensor ini berkerja sangat cepat dan akurat.


Software Xiaomi Mi 5s Plus
Xiaomi MI 5s Plus datang langsung membawa MIUI 8 berbasis Android 6.0.1 Marshmallow. Anda tentu sudah menjajal UI ini karena sebelumnya Xiaomi sudah menggulirkan MIUI 8 ke hampir seluruh jajaran hp pintar ciptaannya. MIUI 8 pada Mi 5s Plus sendiri berjalan sangat ngebut, tentu saja karena hardware tinggi yang dimilikinya.

Dibalik kecepatannya, MIUI 8 sebenarnya tergolong boros RAM menghabiskan sekitar 40 persen kapasitas RAM milik MI 5s Plus. Tapi ini tentu bukan kendala karena kapasitas RAM Mi 5s Plus juga besar. Dengan hardware tinggi, hp pintar ini juga bakal terasa optimal terlebih ketika Anda mengaktifkan fitur dual-apps untuk meng-copy aplikasi. Proses loading juga terasa cepat, selebihnya fitur-fitur yang dibawa MIUI 8 pada MI 5s Plus bisa dibilang sama dengan MIUI 8 pada hp pintar Xiaomi lainnya.


Hardware Xiaomi Mi 5s Plus
Sektor hardware mungkin bisa dijadikan alasan untuk upgrade dari Mi 5 ke Mi 5s Plus. Pasalnya, Mi 5s Plus layak masuk jajaran hp pintar elit Android berkat CPU Snapdragon 821 dengan clock 2.35 GHz, yang notabene speednya lebih tinggi dari Snapdragon 820. Selain itu kapasitas RAM 4 GB, atau 6 GB juga lebih lega untuk multitasking. Adapun yang saya review kali ini adalah varian tertinggi dengan RAM 6 GB, dan UFS 2.0 berkapasitas 128 GB. Storage UFS ini menawarkan kecepatan optimal, bisa dirasakan ketika Anda membuka galeri untuk melihat koleksi foto. Panel foto bisa langsung tersaji dengan cepat.

Namun saat saya uji dengan AnTuTu benchmark, skor tinggi yang diraih hanya 141366 poin saja. Skor ini jauh dibawah clan Xiaomi yang bisa mencapati 164 ribu poin. Meski begitu hp pintar ini jelas bisa melahap game-game terbaru dengan sangat lancar. Panas yang dihasilkan juga tidak mengganggu. Baterai yang dibawanya lumayan awet dengan rata-rata screen-on-time 5 jam. Asiknya ada teknologi quick charge 3.0 untuk pengisian baterai lebih cepat. Untuk mengisi hingga penuh dari kosong, kurang lebih membutuhkan 1,5 jam.

Satu lagi nilai plus yang ditawarkan oleh Mi 5s Plus adalah sektor audio. Keluaran suara loudspeaker nya kencang dan detail. Speaker ini terletak disamping port USB type C disisi bawah. Kalau saja Xiaomi menggunakan konfigurasi dual speaker stereo, hasilnya pasti lebih memuaskan lagi.


Kamera Xiaomi Mi 5s Plus
Salah satu alasan mengapa saya lebih dulu mereview Mi 5s Plus ketimbang Mi 5s biasa adalah kameranya. Saya cukup penasaran dengan dual kamera yang ditawarkan bakal sebagus apa. Mi 5s Plus memiliki dual modul kamera dengan ukuran dan resolusi yang sama, yakni 13 megapixel. Tidak seperti dual kamera pada Redmi Pro untuk foto bokeh, dual kamera pada Mi 5s Plus untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih baik. Kamera di sisi atas bertugas menangkap gambar berwarna, kamera bawah bertugas menangka gambar monokrom.

Untuk merasakan manfaat dual kamera ini, Anda harus mengaktifkan mode stereo saat memotret. Saat saya coba memang ada perbedaan warna dan dynamic range saat memotret dengan mode biasa dan mode stereo. Mode stereo bisa menghasilkan foto lebih terang dengan dynamic range lebih baik. Meski secara keseluruhan perbedaannya tidak terlalu signifikan. Oya, saat memotret mode stereo, shutter speednya bekerja lebih lama saat menjepret sekitar 1 hingga 2 detik. Selain mode stereo Anda juga bisa memotret dengan mode mono. Saat memotret dengan mode ini kamera atas tidak aktif karena foto ditangkap menggunakan kamera bawah. Hasilnya bisa dibilang lumayan.

Sementara untuk kamera depannya masih sama seperti Xiaomi Mi 5, yakni beresolusi 4 megapixel yang bisa menghasilkan foto terang dan tentunya menghaluskan kulit wajah. 

Harga Xiaomi Mi 5s Plus

Rp 6.500.000,- s/d Rp 7.500.000,-
cek harga hp Xiaomi terbaru

Spesifikasi Xiaomi Mi 5s Plus

GENERAL
Jaringan GSM / LTE
Dual nano-SIM (dual standy by)
Mulai Dikenalkan September 2016
LAYAR
Tipe Sentuh kapasitif 16 juta warna IPS LED
Dimensi 5.7 inci; 1080 x 1920 pixels (~386 ppi)
Multitouch Ya
Perlindungan
User Interface MIUI 8.0
BODY
Ukuran / Berat
panjang 154.6 x lebar 77.7 x tebal 8 mm / 168 gram
Varian Warna Silver, Gray, Gold, Rose Gold
AUDIO
Fitur
MP3, WAV ringtones dengan vibration
Jack 3,5 mm jack audio
Speakerphone Ya, dengan speaker stereo
- Active noise cancellation dengan dedicated mic
\
MEMORY
Internal 64 GB dengan 4 GB RAM atau 128 GB dengan 6 GB RAM
Eksternal
Tidak ada
DATA
Kecepatan HSPA, LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA
Bluetooth v4.2, dengan A2DP, LE
NFC Ada
USB / Port
Ada, USB Type-C 1.0
KAMERA
Depan / Selfie 4 Megapixel,aperture f/2.0, 1/3" sensor size, 2┬Ám pixel size, rekam video hingga 1080p
Belakang Dual 13 Megapixel ,aperture f/2.0, phase detection autofocus, dengan dual-LED (dual tone) flash
Video Record
hingga 2160p@30fps, atau 1080p@30fps
FITUR
Sistem Operasi Android OS (Marshmallow) , versi 6.0
CPU & chipset Quad-core (dual core 2.35 GHz & dual core 1.6 GHz Kryo) chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
GPU Adreno 530
Sensor barometer, fingerprint,gyro, accelerometer, proximity, compass,
Pesan SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Radio Tidak
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS, dan BDS
(tambahan) - Fast battery charging (Quick Charge 3.0): 0% hingga 83% hanya dalam 30 menit
- Editor audio, video, dan foto
- Penampil dokumen
FITUR MEDIA
Kompatibilitas Video MP4/H.265/DivX/XviD/WMVplayer
Kompatibilitas Audio MP3/FLAC/WAV/eAAC+ player
BATERAI
Tipe & kapasitas
Tanpa lepas 3800 mAh
Modus Stand-by