Harga Xiaomi Mi Mix Special Edition Terbaru 2016

Advertisement
Harga Xiaomi Mi Mix Special Edition - Tidak seperti pendahulunya, kali ini Xiaomi memperkenalkan hp dengan desain yang jauh berbeda. Tidak hanya indah, Xiaomi Mi Mix Special Edition juga terlihat lebih futuristik. Berikut review lengkapnya.

Harga Xiaomi Mi Mix Special Edition

Desain Xiaomi Mi Mix Special Edition
Xiaomi Mi Mix awalnya dikira hanyalah sebuah konsep, pasalnya hp pintar jumbo berlayar 6,4 inci ini dirancang dengan desain tidak biasa. Hampir 90 persen bagian depan Mi Mix merupakan layar, artinya Mi Mix masuk kategori hp pintar bezelnes. Sisi atas, kiri, dan kanan layarnya benar-benar sangat tipis. Sementara sisi bawahnya agak lebih tebal karena memuat LED notifikasi dan kamera. Sedangkan letak microphone dan earpiece-nya tersembunyi. Dampaknya suara lawan bicara sangat tidak sesempurna biasanya.

Selain berdesain unik, Xiaomi Mi Mix juga sangat mewah berkat material keramik yang mayoritas digunakan pada sisi bagian belakangnya. Desain tersebut semakin terlihat mewah karena bagian belakang ini terlihat mengkilat, namun mudah kotor oleh sidik jari dan terasa sangat licin.

Saking mewah dan mulusnya, saya pun merasa khawatir jika harus menggunakannya tanpa memakai casing pelindung. Apalagi unit yang saya review ini adalah versi tertinggi dengan RAM 6 GB dan storage 256 GB. Versi ini terasa spesial karena pada lingkaran kamera dan sensor fingerprint dilapis emas 18 karat. Beruntung Xiaomi menyertakan soft leather case pada paket penjualannya, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir bodinya bakal cepat baret atau kotor. Namun dengan memakai casing, kemewahannya bakal berkurang drastis sehingga terlihat biasa-biasa saja.

Selama menggunakan Mi Mix, saya merasa cukup nyaman. Pasalnya saya sudah terbiasa dengan hp pintar dengan bodi bongsor. Apalagi bodi Mi Mix sama compactnya dengan hp lain diatas 5.5 inci, seperti One Plue 3, atau Zenfone 2 Laser 6 inci. Mengantunginya di celana jeans pun tidak terlalu merepotkan. Paling-paling bobotnya saja yang lumayan, karena mencapai 209 gram.


Software Xiaomi Mi Mix Special Edition
Desain unik Mi Mix dikemas dengan MIUI 8 berbasis Android Marshmallow 6.0.1. Adapun fitur terbarunya sekaligus ciri khas dari OS ini tidak lain adalah Quick Ball yang fungsinya sama mirip AssistiveTouch pada iPhone.

Secara default icon Quick Ball bakal ngumpet di pojok kiri bawah layar sejajar dengan tombol recent apps, home, dan back. Jika icon ini ditekan, maka quick ball akan aktif ditandai dengan munculnya on-screen button transparant berbentuk bulat. Quick ball sendiri terdiri dari 5 shortcut, yakni tombol home, recent apps, lockscreen, sreenshot, dan back. Anda bisa mengubah komposisinya, namun tidak bisa menambah shortcutnya. Anda juga bisa menggeser-geser posisinya pada hampir seluruh bagian layar.

Fitur-fitur unggulan lainnya seperti dual-apps juga tetap ada. Dengan fitur terbilang lengkap, serta responsitivitas yang sangat baik, MIUI 8 pada Mi Mix rata-rata menghabiskan kapasitas RAM 40 persen saat idle.


Hardware Xiaomi Mi Mix Special Edition
Mi Mix punya layar lega yang tentunya bakal menyenangkan untuk menonton ataupun bermain game. Apalagi kualitas layarnya juga menunjang dengan resolusi 2040 x 1080 pixels. Namun resolusi yang tidak biasa ini dalam beberapa hal bakal membuat tampilan layar jadi terpotong. Sementara untuk suara, lobang speaker yang ditempatkan disisi bawah terdengar kurang balance karena tidak stereo, tapi volumenya lantang.

Diatas kertas, Mi Mix adalah hp pintar ideal untuk nge-game karena hardwarenya kencang. Sama seperti Mi Note 2, Mi Mix adalah hp flagship terkencang Xiaomi tahun ini. Unit yang direview ini adalah varian tertinggi dengan CPU Snapdragon 821, RAM 6 GB, dan storage 256 GB. Sedangkan varian yang lebih rendah dibekali RAM 4 GB, dan storage 128 GB. Kombinasi hardware ini menghasilkan skor 137825 pada pengujian AnTuTu, tapi entah kenapa skor tersebut masih kalah dengan OnePlus 3.

Selain kencang untuk nge-game, Mi Mix juga tahan dipakai seharian karena baterainya yang mencapai 4400 mAh. Dengan port USB type-C dan fitur quick charge 3.0 dari Qualcomm, baterai ini bisa terisi diatas 60 persen dalam waktu setengah jam.


Kamera Xiaomi Mi Mix Special Edition
Banyak yang mengeluhkan dan menilai kualitas kamera 16 megapixel milik Mi Mix kurang bagus. Anggapan itu mungkin saja benar, karena hasil jepretannya banyak mengandung noise dibanding rata-rata kamera hp flagship, seperti Galaxy S7, LG G5, atau Google Pixel. Belum lagi, terkadang kamera Mi Mix memproduksi warna yang berlebihan.

Oya, ada satu kejanggalan pada kameranya. Saat menggunakan mode manual, apa yang ditampilkan dilayar tidak real time sehingga bakal terasa menyulitkan. Karenanya apa yang kita lihat dilayar saat membidik tidak sama dengan hasil yang didapat.

Kamera Mi Mi yang tidak superior sebenarnya sudah bisa diketahui sejak awal. Karena pada saat presentasi, Xiaomi tidak banyak membahas sisi kamera dan lebih menonjolkan desainnya. Tapi kalau ditanya apakah kameranya benar-benar mengecawakan, saya bilang tidak. Sejauh ini kebanyakan hp atau phablet dengan layar diatas 6 inci memang tidak superior di sisi kamera. Tapi pada Mi Mix performa kameranya yang tergolong cepat, dan hasil yang relatif terang masih sangat mumpuni untuk kebutuhan eksis dimedia sosial.

Nah ada sedikit catatan jika Anda gemar selfie. Kamera depan 5 megapixel yang diletakan dibawah menghasilkan angle yang seolah membuat wajah dan pandangan Anda jadi mendongak. Untuk menyiasatinya bisa dengan memutar atau membalik sisi atas dan bawah hp. Hasil jepretan kamera depannya sendiri sanggup memutihkan dan memuluskan wajah dengan nyaris sempurna.

Harga Xiaomi Mi Mix Special Edition

Rp 14.500.000,-
cek harga hp Xiaomi terbaru

Spesifikasi Xiaomi MI Mix

GENERAL
Jaringan GSM / LTE
Dual nano SIM (dual standy by)
Mulai Dikenalkan Oktober 2016
LAYAR
Tipe Sentuh kapasitif 16 juta warna IPS LED
Dimensi 5.4 inci; 1080 x 2040 pixels (~362 ppi)
Multitouch Ya
Perlindungan
User Interface MIUI 8
BODY
Ukuran / Berat
Panjang 158.8 x lebar 81.9 x tebal 7.9 mm (/ 209 gram
Varian Warna Titanium Grey, Glacier Silver, Sand Gold
AUDIO
Fitur
MP3, WAV ringtones dengan vibration
Jack 3,5 mm jack audio
Speakerphone Ya, dengan speaker stereo
- Active noise cancellation dengan dedicated mic
MEMORY
Internal 128 GB dengan 4 GB RAM atau 256 GB dengan 6 GB RAM
Eksternal
Tidak ada
DATA
Kecepatan HSPA, LTE
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, dual-band, WiFi Direct,
Bluetooth v4.0, dengan A2DP, EDR
NFC Ada
USB / Port
Type-C 1.0
KAMERA
Depan / Selfie 5 MP
Belakang 16 MP, aperture f/2.0, dengan fitur EIS (gyro), phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Video Record
Hingga 2160p@30fps, 1080p@30fps, 720p@120fps
FITUR
Sistem Operasi Android OS, (Marshmallow) versi 6.0
CPU & chipset Quad-core (dual 2.35 GHz Kryo & dual 1.6 GHz Kryo) chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
GPU Adreno 530
Sensor accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, fingerprint
Pesan SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Radio Tidak
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS, dan BDS
(tambahan) - Quick charge 3.0
- Penampil dokumen
- Edit foto atau video
- Fungsi power bank
FITUR MEDIA
Kompatibilitas Video XviD/MP4/H.265 player
Kompatibilitas Audio MP3/WAV/eAAC+/Flac player
BATERAI
Tipe & kapasitas
Tanpa lepas 4400 mAh jenis Li-Ion
Modus Stand-by -