10+ Fitur Baru di Samsung Galaxy S9 dan S9+

Sebelumnya saya sudah me-review Samsung Galaxy S9+ yang memiliki kelebihan lebih hebat ketimbang seri pendahulunya. Lalu apa saja fitur baru di Samsung Galaxy S9 dan S9+? Inilah rangkuman arhutek.blogspot.com selengkapnya.

1. Dual Aperture
Fitur Baru di Samsung Galaxy S9 dan S9+
Kamera adalah perubahan yang paling besar di Galaxy S9 dan S9+. Kedua hp ini hadir dengan kamera utama 12 megapixel yang dilengkapi dengan dual aperture, yaitu f/1.5 dan f/2.4.

Mengambil gambar di kondisi gelap atau kurang cahaya tetap berkualitas berkat aperture 1.5 yang mengambil cahaya sebanyak mungkin. Kemudian mengambil gambar di kondisi terang menggunakan aperture 2.4 memberikan depth of field lebih luas serta mengurangi kelebihan exposure

2. Super Slo-Mo
Berkat ditanamkan DRAM memori chip dedicated di kamera, membuatnya mampu memproses data hingga 4 kali lebih cepat. Selain Anda bisa mengambil foto dengan hasil terbaik secara cepat dan instan, DRAM dedicated ini juga turut mendukung fitur baru di Samsung Galaxy S9 dan S9+, yaitu super slo-mo yang bisa merekam video hingga 960 frame per second. Ini adalah efek slo-mo terlambat yang dimiliki smartphone saat ini. Video slo-mo tersebut bisa di edit menjadi GIF untuk dishare, atau bisa dijadikan lock-screen.

3. Dual kamera di Galaxy S9+
Khusus hp Galaxy S9+, Samsung telah menanamkan dual kamera. Dengan tambahan 12 megapixel lensa telephoto. Dimana kedua lensanya sudah sama-sama dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS).

4. AR Emoji
Samsung di Galaxy S9 dan S9+ menghadirkan AR Emoji, sebagai lawan sepadan Animoji di iPhone X. Tapi berbeda dengan animoji yang menganimasikan emoji, AR emoji ini lebih ke membuat personal avatar yang mengikuti gerakan wajah.

Jadi Anda tinggal buka saja kamera buat AR emoji. Edit rambut, baju, dan sebagainya sampai jadi avatar sesuai Anda inginkan. Lalu rekam ekspresi. AR Emoji ini bisa dibuat hingga 18 karakter yang berbeda untuk disimpan, dan nantinya bisa Anda animasikan dengan ekspresi. Selain membuat avatar dari wajah, Anda bisa juga membuat AR emoji dari tokoh animasi terkenal seperti Mickey Mouse.

5. Bixby AR
Di Samsung Galaxy S9 dan S9+, bixby terintegrasi dengan kamera. Dan dengan memanfaatkan AR, bixby bisa melakukan realtime translation. Anda bisa mengetahui jenis dan keadaan kalori makanan, bahkan mencoba make-up secara virtual sebelum membelinya. Namun sayangnya untuk make-up virtual hanya pengguna di wilayah Amerika Serikat, Kanada, Korea, dan Tiongkok saja yang bisa menikmatinya.

6. Pengalaman baru multitasking dan homescreen
Samsung memberikan pengalaman baru untuk multitasking. Jadi misalkan ada notifikasi masuk seperti SMS, Anda bisa langsung membalasnya secara overlay tanpa harus keluar dari aktivitas yang sedang berjalan. Selain itu layar homescreen juga dirombak supaya mendukung orientasi horizontal.

7. Dual stereo speaker
Adanya dual stereo speaker yang dituning oleh AKG dan menggunakan teknologi dari Dolby Atmos. Speaker ini diletakan di bagian atas dan bawah hp. Alhasil memberikan suara yang kencang, nyata dan 3D. Samsung mengklaim kekecangannya ini bisa mencapai 40 persen lebih kencang ketimbang speaker di Galaxy varian sebelumnya.

8. Posisi sensor fingeprint
Kini posisi fingerprint Galaxy S9 dan S9+ di letakkan dibawah kamera agar lebih mudah diraih. Perubahan ini sebenarnya tidak lepas dari banyaknya protes dan kritik pengguna S8 terhadap posisi sensor fingerprint yang sejajar di samping kamera.

9. Inteligent scan
Jika di iPhone X ada Face ID, di Samsung juga ada Inteligent Scan. Inteligent Scan sebenarnya hanya mengkombinasikan iris recognition dengan face recognition. Jadi selain lebih aman, fitur ini juga bisa digunakan dalam berbagai kondisi terang ataupun kondisi gelap.

10. Warna baru
Samsung memberikan 2 pilihan warna baru di Galaxy S9 dan S9+, yakni Lilac Purple, dan Coral Blue.

11. Aksesoris baru
Aksesoris yang dimaksud adalah Samsung DeX. Buat Anda yang belum tau, DeX adalah desktop experience yang memungkin Anda untuk mengubah perangkat Samsung Galaxy menjadi PC saat dihubungkan ke layar monitor.

12. Spesifikasi baru
Baik S9 dan S9+, bakal menggunakan prosesor Snapdragon 845 untuk pasar Amerika, atau Exynos 9810 untuk pasar internasional yang diklaim memiliki performa CPU lebih cepat hingga 25 persen, dan performa grafis lebih kencang 30 persen dibanding sebelumnya.