10 Hp Android Terbaik 2018 + Kelebihan dan Kekurangannya

Selengkapnya untuk daftar hp Android terbaik sampai sejauh ini yang telah rilis di pasaran global, termasuk Indonesia.

Memilih hp Android terbaik memang tidak semudah yang dibayangkan. Meski dibanderol mahal, tidak berarti smartphone/phablet tersebut dikatakan berkualitas baik. Begitu juga dengan sebaliknya, terkadang ada produk yang dijual lebih murah, namun mampu memberikan kualitas yang maksimal.

Terlebih dengan semakin menjamurnya produsen hp yang mengusung sistem operasi Android, pengguna menjadi semakin bingung hp mana yang pantas atau yang terbaik untuk dibeli. Yang pasti dari semua merek yang ada sekarang ini, Anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkanknya. Pasalnya untuk satu hp flagship saja, kini rata-rata dibanderol sekitar 8 jutaan atau lebih.
Nah bicara hp flagship atau hp unggulan yang memberikan spesifikasi terbaik dan desain mempesona, tersedia dalam berbagai merek dan harga yang saling bersaing. Namun hp Tiongkok-lah yang berani menggebrak pasaran dengan banderol yang lebih murah.

Dengan menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau, merek-merek Tiongkok memang menjadi kompetitor terkuat bagi produsen yang telah lebih dahulu hadir, semisal Samsung, Sony, ataupun LG. Namun hingga kini terlihat untuk urusan hp android terbaik, merek lama masih kuat bertahan menempati posisi puncak.

Anda yang mungkin bingung dalam memilih mana yang bagus atau tidak, berikut arhutek.blogspot.com memberikan tips memilih hp android dengan kualitas bagus yang pantas Anda beli.

1. CPU
CPU atau dikenal juga sebagai otak dari ponsel, memang sangat krusial. Sama seperti layaknya komputer, Anda juga patut memilih CPU yang sudah dipercaya, dan memiliki jumlah inti core yang banyak.

2. RAM
Setelah CPU, RAM patut Anda perhatikan. RAM berguna untuk menjalankan aplikasi, bermain game, ataupun kegiatan lainnya. Cepat atau lambatnya kinerja sebuah hp bisa diukur dari besar/kecilnya sebuah RAM.

3. GPU
Bagian ini berperan dalam urusan grafis. Terlihat jelas saat memainkan game-game HD ataupun menonton video. Semakin tinggi besaran nilai GPU pada sebuah ponsel, maka semakin baik pula tampilan grafis yang bakal Anda dapatkan.

4. Teknologi layar
Layar hp memang menjadi salah satu bagian yang terlihat paling awal. Pilihlah hp dengan jumlah warna yang banyak, tingkat ppi yang besar, dan tipe layar itu sendiri. Dukungan multitouch juga sangat dibutuhkan untuk sekarang ini. Untuk ukuran layarnya, pilihlah sesuai selera Anda. Namun ukuran 5 hingga 5.5 inci menurut saya sebagai ukuran terbaik, selain nyaman digenggam, hp juga mudah dimasukkan kedalam kantung celana.

5. Kamera
Perkembangan teknologi kamera pada sebuah hp Android terbilang sangat cepat. Pilih sensor kamera yang terpercaya. Ukuran resolusi yang besar tidaklah mutlak memiliki hasil jepretan yang menakjubkan. Oya untuk Anda penggila selfie, bisa memilih hp dengan fitur LED flash pada bagian kamera depannya.

6. Baterai
Semakin besar sebuah layar hp Android, semakin besar juga konsumsi baterai yang dibutuhkan. Untuk Anda yang lebih banyak bermain game, ukuran baterai lebih dari 3500 mAh sangat dibutuhkan. 

7. Jaringan
Nah untuk urusan jaringan, hp Android yang sudah mendukung teknologi 4G sangat direkomendasikan. Pasalnya sudah hampir semua di kota-kota Indonesia sudah mendapatkan jaringan LTE. 

Dan berikut daftar hp Android terbaik 2018, beberapa tipe belum beredar secara resmi di Indonesia

Hp Android terbaik sejauh ini

Samsung Galaxy Note 9
Kelebihan:
- Layar menakjubkan
- Komputasi bertenaga
- S-Pen pintar
- Baterai besar

Kekurangan:
- Tombol bixby mengganggu
- Tidak enak digenggam
Hp Android Terbaik

Layar nya besar 6.4 inci. Ditenagai prosesor exynos 9810 yang berjalan sangat cepat, dan untuk penyimpanan ada storage 128GB. Ketahanan baterainya patut diacungi jempol, berkat kapasitas 4000 mAh. Dan S-Pen miliknya kini lebih hebat untuk diajak menggambar, sekedar menulis catatan, serta kegiatan lainnya.

Sementara kameranya sangat mirip dengan Galaxy S9 Plus. Terdapat dua lensa 12 megapixel dibagian belakang, satu untuk zoom dan satu lagu untuk tangkapan biasa. Kamera ini bisa beralih dari bukaan f/1.5 ke f/2.4, membuat tangkapannya maksimal dalam kondisi cahaya terang ataupun cahaya minim. Beralih di bagian depan, ada kamera 8 megapixel yang bisa diajak merekam video hingga 4k 60fps.

OnePlus 6
Kelebihan:
- Design menawaran
- Layar OLED, jernih detail
- Versi Android dengan balutan UI menarik
- Dash Charge

Kekurangan:
- Tanpa Qi charging
- Tidak ada ketahanan terhadap air

Hp Android Terbaik

Dengan harga yang dibanderolnya, OnePlus 6 disebut-sebut smartphone yang sebanding dengan speknya yang pantas Anda beli. Terlihat fantastis, dengan antarmuka yang disesuaikan secara maksimal sehingga sistem berjalan dengan cepat.

Layar poni OLEDnya berdimensi 6.3 inci, tampil cerah dan berwarna. Ada chipset Snapdragon 856 yang digabungkan dengan RAM 6/8GB, serta storage yang bisa diupgrade hingga 256GB. Permasalahan yang dirasakan hanya ada di kameranya yang tidak sesuai ekspektasi. Namun masih bisa dibilang tangkapan gambarnya berkualitas sangat baik.

Baterai berkapasitas 3300 mAh hadir dengan fitur fast charge yang bisa mengisi dari 0 hingga 100 persen dalam waktu 90 menit. Baterai ini juga awet dalam penggunaan normal.

Huawei P20 Pro
Kelebihan:
- Desain menakjubkan
- Layar OLED
- Kamera dengan segudang fitur

Kekurangan:
- Terdapat bug
- Tanpa jack audio

Hp Android Terbaik

Favorit arhutek untuk hp Android terbaik 2018 pastinya Huawei P20 Pro. Pasalnya terdapat 3 kamera di bagian belakang, dengan sensor terbesar 40 megapixel. Kameranya juga mampu menyuguhkan mode malam yang luar biasa.

Desain bodi belakang yang berkilau memberikan kesan yang elegan. Sementara layar OLED dengan resolusi 1080p menampilkan gambar secara detail. Ya, tidak salah lagi ini adalah hp Huawei terbaik saat ini.

Tapi...ada kekurangan yang harus diperbaiki oleh pihak Huawei, yakni dibagian software. Dibeberapa aplikasi seperti Google Maps dan Youtube sering tidak berjalan dengan semestinya.

Samsung Galaxy S9 Plus
Kelebihan:
- Desain menakjubkan dengan ukuran besar
- Layar OLED
- Kamera dengan segudang fitur

Kekurangan:
- Ketahanan baterai harusnya lebih baik
- AR Emoji jelek
- Terkadang lag

Hp Android Terbaik

Varian tertinggi brand Samsung ini memang pantas Anda beli. Punya layar lega 6.2 inci OLED. Komputasi cepat berkat snapdragon 845 atau Exynos 9810, RAM besar, dan kamera pintar.

Sensor pertama di kamera utamanya 12 megapixel, yang mana bisa beralih dari bukaan f/2.4 ke f/1.5. Mampu memberikan tangkapan gambar yang bagus dan cerah, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Sementara sensor kedua juga sama 12 megapixel, bagus untuk telephoto dan efek bokeh.

Sementara layarnya sendiri bertipe OLED dengan dimensi 6.2 inci yang mendukung konten HDR. Menghasilkan tampilan cerah dibandingkan para pendahulunya.

Honor 10
Kelebihan:
- Desian ramping
- Hardware bertenaga
- Harga bersahabat

Kekurangan:
- EMUI tidak menarik
- Terdapat beberapa bug

Hp Android Terbaik

Jika Anda ngebet pengen Huawei P20 Pro, tapi uangnya tidak cukup, mungkin Honor 10 bisa dijadikan pilihan alternatif.

Dibuat dengan kombinasi logam dan kaca seperti kebanyakan hp flagship 2018 lainnya. Layar berdimensi 5.84 inci dengan resolusi 2280 x 1080 FHD+, baterai bertahan sepanang hari, dan kamera belakang diatas rata-rata.

Kamera belakang ini beresolusi 24 megapixel dan 16 megapixel bukaan f/1.8. Tidak ada kamera ketiga seperti Huawei P20 Pro, dan tentunya absen dari merek Leica.

Berkat tambahan AI, kameranya bisa otomatis mengatur tangkapan gambar supaya maksimal. Terkadang memiliki kecenderungan overexpose dalam cahaya terang. Namun sebagian besar teknologi ini berungsi dengan baik.

CPU Kirin 970 membuat hp Android ini bergerak lebih cepat dikelasnya. Menjadikan Honor 10 pantas disebut sebagai hp Android Phone terbaik dengan harga bersahabat yang ada di pasar sekarang ini.

Moto G6
Kelebihan:
- Pengalaman software yang luar biasa
- Layar menawan
- Bahan berkualitas dikelasnya

Kekurangan:
- Performa pas-pasan, terutama dibagian kamera

Hp Android Terbaik

Moto G6 adalah hp Android terbaik untuk harga dibawah 5 jutaan yang ada di pasaran sekarang ini.

Tipe Moto G series sebelumnya hadir dengan perangkat yang super, namun tidak begitu dengan G6. Layarnya menawan dengan resolusi FHD 5.7 inci 18:9, pengalaman software yang baik, dan terasa sangat nyaman berkat bodi kaca dan bentuk yang ergonomis.

Penggabungan prosesor snapdragon 450 dengan RAM 3GB membuat sistem berjalan dengan lancar. Ada jga storage 32GB yang bisa diperluas menggunakan slot microSD yang tersedia.

Kekecewaan saya hanya ada di kameranya. Tangkapan foto 12 megapixel berkualitas bagus, namun aplikasi kameranya lambat, membuat pengguna lama-lama jadi kesal sendiri.

Razer Phone
Kelebihan:
- Layar sangat bagus
- Performa dan pendingin hebat
- Speaker hp terbaik

Kekurangan:
- Kamera berkualas rendah
- Tanpa adanya sertifikasai anti air atau debu

Hp Android Terbaik

Razer Phone adalah hp atau smartphone pertama yang dibuat khusus untuk para gamer. Berjalan dengan sistem Android Oreo dengan balutan Nova Launcher Prime. Bebas dari bloatware.

Terdapat pengaturan untuk mengubah refresh rate dan ada juga booster mode untuk meningkatkan frame rate di aplikasi-aplikasi yang Anda pilih.

Di sisi hardware, Razer Phone adalah juaranya. Begitu juga dengan kualitas keluaran audionya.

Huawei Mate 10 Pro
Kelebihan:
- Layar besar berkualitas
- Desain menawan
- Performa bertenaga
- Kamera diatas rata-rata

Kekurangan:
- EMUI hadir dengan banyak bloatware

Hp Android Terbaik

Dengan layar besar, perangkat yang lebih pantas disebut phablet ini menawarkan kamera oke, serta layar OLED yang jernih dan detail. Ada teknologi AI yang ditenagai oleh CPU Kirin 970, yang membuatnya cepat dan efisien.

Dengan bukaan f/1.6 di kamera belakang, handal dalam mengambil gambar dalam kondisi cahaya minim, dan aplikasi kameranya menawarkan banyak mode. Jika Anda penggemar retro, disediakan juga mode pure monochrome yang wajib Anda gunakan.

Meski tidak ada port jack audio 3.5mm, tapi Huawei menghadirkan headphone dengan jenis USB-C. Oya, hp ini juga sudah membawa sertifikasi IP67.

LG G7
Kelebihan:
- Layar menawan
- Audio yang menakjubkan
- Lensa wide-angle menakjubkan

Kekurangan:
- Software jelek
- Desain murah
- Boros baterai

Hp Android Terbaik

Layar G7 memiliki ratio 18:9, impresif dengan LCD panel 1000 nit. Ini adalah salah satu layar paling cerah dan bisa menampilkan konten HDR termasuk dari Netflix dan YouTube.

Didalamnya ada cpu Snapdragon 845, RAM 4GB, internal 64GB, dan baterai kecil 3000 mAh. Tidak satupun dari komponen ini yang inovatif, namun mampu dengan mudah menyelesaikan setiap pekerjaan.

Seperti LG V30, di hp LG G7 juga membawa dua kamera belakang. 16 megapixel+16 megapixel lensa wide-angle. Ini adalah kamera yang layak, dan menawarkan beberapa opsi perekaman video yang mengesankan.

Samsung Galaxy Note 8
Kelebihan:
- Bodi dan desain yang menakjubkan
- Layar besar berkualitas
- Software dan stylus, diimplementasikan dengan baik
- Kamera berkualitas sangat baik

Kekurangan:
- Baterai boros

Hp Android Terbaik

Meskipun Galaxy Note9 sudah hadir, namun Note8 masih layak disebut dan termasuk dalam 10 besar hp Android terbaik hingga sekarang ini.

Melihat kegagalan di Note7, Samsung berhasil memberikan perangkat Note terbaiknya di Note8. Note8 menyuguhkan desain yang cantik, performa komputasi yang cepat, dan mampu bersanding dengan Note9.

Selain mengunggulkan S-Pen, Note8 juga percaya diri mengunggulkan infinify display yang simpel tapi mempesona.